Profil Vinicius Junior menarik untuk diulas. Dia merupakan penyerang muda Real Madrid yang jadi mimpi buruk Liverpool di final Liga Champions (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)
Cikal Bintang

PARIS, iNews.id - Profil Vinicius Junior menarik untuk diulas. Dia merupakan penyerang muda Real Madrid yang jadi mimpi buruk Liverpool di final Liga Champions 2021/2022.

Los Blancos angkat trofi Si Kuping Besar untuk ke-14 kalinya setelah mengalahkan Liverpool 1-0 pada partai final di Stade de France, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Vinicius Junior jadi pencetak gol kemenangan menit ke-59.

Vinicius Jose Paixao de Oliveira Junior lahir di Sao Goncalo, Rio de Janeiro, Brasil pada 12 Juli 2000. Dia mengakui si raja diving Neymar Jr adalah sumber inspirasinya dalam bermain sepak bola.

"Terdapat banyak pemain yang saya idolakan, namun hanya satu yang menjadi sumber inspirasi saya, yaitu Neymar. Saya tidak begitu mengerti mengapa banyak orang di luar sana yang tak menyukainya,” ucap Vinicius, seperti disadur dari Goal International.

“Padahal dia adalah pemain yang luar biasa. Dia mampu membawa negara ini (Brasil) meraih medali emas di Olimpiade (2016 Rio). Dia juga mampu menciptakan banyak kesuksesan ketika bermain di Barcelona, dan kini bersama PSG,” sambungnya.

Dia memulai karier sepak bolanya di akademi Flamengo, salah satu klub papan atas Brasil. Performa yang terus menanjak membuat dirinya dipercaya masuk ke tim senior Flamengo.

Pemain yang akrab disapa Vini itu akhirnya melakukan debut karier profesionalnya pada tahun 2017. Saat itu, dia turut bermain saat Flamengo berhadapan dengan Atletico Mineiro. Di usianya yang baru 17 tahun, Vinicius Junior tampil menjanjikan dan mencetak gol perdananya saat Flamengo mengalahkan Palestino (5-0) di leg kedua Copa Sudamericana 2017.

Setelah itu, Vinicius Junior terus tampil mengesankan. Total, dia berhasil mencatatkan 10 gol dan empat assist dalam 49 pertandingannya untuk Flamengo di semua kompetisi. Perfomanya yang cukup konsisten membuatnya dilirik raksasa Spanyol, Real Madrid.

Los Blancos langsung memboyong Vinicius Junior dari Flamengo pada tahun 2018. Namun demikian, Real Madrid belum mau memberikan kesempatan emas kepadanya. dia sempat mencicipi tim kedua Real Madrid dan berhasil mencatatkan empat gol.

Vinicius Junior memulai debut pertamanya di tim utama pada 29 September 2018. Saat itu, Real Madrid berhadapan dengan Atletico Madrid, pemain 21 tahun itu dimainkan pada menit 87, namun tak dapat mengubah keadaan sehingga laga selesai dengan skor imbang (0-0).

Sekian lama berada di skuad, Vinicius Junior baru dipercaya menjadi sebelas pemain awal (starter) pada 31 Oktober 2018. Kala itu, Los Blancos berhasil mengalahkan Mellila (4-0) di Copa Del Rey 2018. Namun, dia belum juga berhasil mencetak gol untuk tim senior.

Pada akhirnya, Vinicius Junior mampu mencatatkan gol pertamanya untuk Real Madrid tepatnya pada 1 Maret 2020. Hebatnya, dia mencetak gol saat pertandingan bertajuk El Clasico. Los Blancos menang atas Barcelona (2-0).

Saat ini, Vinicius Junior tercatat sebagai pemain utama Real Madrid yang selalu masuk starting line-up. Sejauh ini dia telah membukukan 36 gol dan 43 assist selama 170 penampilannya bersama Real Madrid di semua kompetisi.

Vinicius Junior juga dipercaya sebagai pemain Timnas Brasil. Pada 28 Februari 2019, dia memulai debutnya bersama Tim Samba saat pertandingan persahabatan melawan Panama dan Republik Ceko.

Hingga saat ini, Vinicius Junior tercatat sudah membukukan 23 gol, dengan rincian satu gol untuk Timnas Brasil, 17 gol untuk Timnas Brasil U-17, dan enam gol untuk Timnas Brasil U-15.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT