Real Madrid juara Liga Champions untuk ke-14 kalinya. Titel ini membuat sejumlah pemain Los Blancos mengoleksi Si Kuping Besar sama banyak dengan Barcelona. (Foto: REUTERS/Lee Smith)
Reynaldi Hermawan

PARIS, iNews.id - Real Madrid juara Liga Champions untuk ke-14 kalinya. Titel ini membuat sejumlah pemain Los Blancos mengoleksi trofi Si Kuping Besar sama banyak dengan Barcelona.

Real Madrid angkat piala setelah mengandaskan Liverpool 1-0 pada partai final di Stade de France, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Vinicius Junior penentu kemenangan Klub Ibu Kota Spanyol lewat golnya pada menit ke-59.

Bagi Vinicius Junior ini merupakan trofi Liga Champions pertama yang dia raih sepanjang karier sebagai pesepak bola profesional. Tapi ada sembilan pemain Real Madrid yang sudah lima kali angkat Si Kuping Besar.

Real Madrid juara Liga Champions 2021/2022 usai kalahkan Liverpool 1-0 pada partai final di Stade de France, Minggu (29/2/2022) dini hari WIB. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Mereka adalah Karim Benzema, Gareth Bale, Dani Carvajal, Luka Modric, Toni Kroos, Nacho Fernandez, Casemiro, Marcelo, dan Isco Alarcon. Kesembilan pemain tersebut resmi menyamai rekor Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang juara Liga Champions lima kali.

Lebih hebatnya lagi trofi Liga Champions mereka sama dengan yang didapat rival abadi Barcelona sepanjang sejarah. Bahkan koleksi kesembilan pemain tersebut lebih banyak dari klub-klub elite seperti Manchester United (3), Juventus (2), Chelsea (2), Inter Milan (3).

Bukan hanya pemain, pencapaian gemilang tersebut pun membuat Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti mengukir catatan manis dalam kariernya. Juru taktik asal Italia itu menjadi pelatih dengan gelar terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions.

Dilansir dari Twitter, @OptaPaolo, Ancelotti telah mengantongi empat trofi Si Kuping Besar. Selain gelar tahun ini, sebelumnya dia juga sudah membawa Real Madrid menjadi juara Liga Champions pada musim 2013/2014 lalu.

Daftar juara Liga Champions kembali bertambah setelah Real Madrid angkat piala musim 2021/2022. (Foto: REUTERS/Lee Smith)

Dua gelar Liga Champions lainnya didapat pelatih berusia 62 tahun itu saat menukangi AC Milan. Tepatnya adalah pada musim 2002/2003 dan 2006/2007.

Selain itu, gelar tahun ini semakin memperkukuh Los Blancos sebagai tim tersukses sepanjang sejarah di Liga Champions. Sejauh ini, mereka telah mengantongi 14 trofi Si Kuping Besar. AC Milan di posisi kedua dengan tujuh titel.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT