Legenda Real Madrid, Francisco Gento semasa hidup. Dia pernah menjuarai Liga Champions enam kali yakni pada 1956, 1957, 1958, 1959, 1960, dan 1966. (Foto: Twitter/@realmadrid)
Rifqi Herjoko

MADRID, iNews.id – Legenda Real Madrid, Francisco Gento, dinyatakan meninggal dunia Selasa (18/1/2022). Sosok yang akrab disapa Paco itu wafat dalam usia 88 tahun.

Gento telah menjadi presiden kehormatan Real Madrid hingga dia tutup usia. Itu merupakan posisi yang diwarisi dari teman sekaligus bekas rekan setimnya Alfredo Di Stefano.

Keduanya bisa dibilang telah mengubah Real Madrid menjadi salah satu tim tersukses di Spanyol dan juga Eropa. Pasalnya, pasangan itu membantu Los Blancos memenangkan lima trofi Kejuaraan Eropa (sekarang Liga Champions) secara berturut-turut. Pencapaian itu tidak dapat ditandingi oleh tim manapun hingga saat ini.

Gento sendiri merupakan salah satu pemain Real Madrid ketika menjuarai Liga Champions edisi pertama pada musim 1955/1956. Bersama Real Madrid, dia meraih ajang tersebut sebanyak enam kali yakni pada 1956, 1957, 1958, 1959, 1960, dan 1966. Catatan itu membuatnya berpredikat pemain terbanyak Liga Champions sampai saat ini.

Mengetahui kabar duka ini, Real Madrid turut memberikan ucapan belasungkawa. Sosok Gento sangat membekas dalam sejarah klub berkat prestasi yang sang pemain hasilkan.

“Real Madrid ingin menyampaikan belasungkawa dan cinta dan kasih sayang kepada istrinya Mari Luz, putranya Francisco dan Julio, cucunya Aitana dan Candela dan semua kerabat, kolega, dan orang yang mereka cintai,” bunyi pernyataan resmi klub dilansir dari Marca Rabu (19/1/2022).

“Paco Gento adalah satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola yang telah memenangkan enam Piala Eropa (Liga Champions). Dia membela klub antara tahun 1953 hingga 1971," sambungnya kemudian.

"Selama 18 musim di Real Madrid, dia telah memenangkan enam Piala Eropa, 12 gelar Liga Spanyol, dua Copa del Rey, satu Piala Interkontinental, satu Piala Emas, dan 2 Copa Latinas,” lanjutnya.

“Francisco Gento telah meninggal pada usia 88 tahun. Real Madrid juga menyampaikan belasungkawa kepada semua anggota dan penggemar Real Madrid," tutup pernyataan klub tersebut.


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT