Striker Juventus, Moise Kean merayakan gol ke gawang Barcelona pada laga uji coba pramusim di Stadion Cotton Bowl, Dallas, Rabu (27/7/2022). (Foto: Instagram/@juventus)
Andhika Khoirul Huda

DALLAS, iNews.id Barcelona meraih hasil imbang kontra Juventus dalam laga uji coba pramusim. Dua klub top Eropa itu bermain sama kuat 2-2.

Duel tersebut berlangsung di Cotton Bowl Stadium, Dallas, Amerika Serikat, Rabu (27/7/2022). Dua pemain dari masing-masing tim tampak on fire, yakni winger Barcelona Ousmane Dembele dan striker Juventus Moise Kean. Menariknya, kedua pemain tersebut sama-sama menyarangkan dua gol dalam laga ini.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Tampil dengan kekuatan penuh di lini depan, Barcelona langsung tampil menekan sejak menit awal pertandingan. Bahkan, saat laga baru berjalan tiga menit, Ousmane Dembele nyaris membawa mereka unggul jika tendangan melengkungnya tidak menyamping tipis di sisi kanan gawang.

Empat meniit kemudian, gantian Robert Lewandowski yang mengancam pertahanan Juventus. Namun, tendangan jarak jauh yang dilesatkannya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Tak mau kalah, Bianconeri –julukan Juventus- mulai memberikan perlawanan ketika laga memasuki menit 10. Peluang pertama pun mereka dapat lewat Angel Di Maria pada menit 13, tetapi sepakan mendatarnya masih meleset dari sasaran.

Setelah itu, pertandingan berjalan cukup alot dan justru berlangsung cukup keras dengan banyaknya pelanggaran yang terjadi. Kedua tim sama-sama kesulitan untuk membongkar pertahanan lawan dalam tempo permainan yang lambat.

Pada menit 34, barulah Blaugrana sukses memecah kebuntuan lewat Ousmane Dembele. Pemain asal Prancis itu membobol gawang yang dijaga Wojciech Szczesny dengan tendangan mendatarnya dari sudut sempit yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang.

Sayangnya, keunggulan tim besutan Xavi Hernandez itu hanya bertahan lima menit saja. Sebab, pada menit 39, Moise Kean mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan sontekannya di mulut gawang Marc Ande ter-Stegen yang menyambar umpan manis Juan Cuadraro.

Akan tetapi, Barcelona langsung membayar lunas gol tersebut. Satu menit kemudian, mereka kembali unggul 2-1 lewat gol kedua Dembele dengan skema yang hampir sama usai menerima umpan dari Sergio Busquets.

Pada menit-menit akhir babak pertama, Pasukan Massimiliano Allegri mendapat beberapa peluang lagi. Akan tetapi, mereka gagal mendapatkan gol penyeimbang lagi hingga turun minum. Alhasil, Barcelona menutup paruh pertama laga dengan keunggulan 2-1.

Babak Kedua

Unggul satu gol, Barcelona tak membuat Barcelona menurunkan tekanan pada awal babak kedua. Mereka pun nyaris unggul 3-1 jika tendangan keras Raphinha tak ditepis oleh Mattia Perin pada menit 50.

Namun, semenit kemudian, skor kembali imbang 2-2 usai Juventus mendapatkan gol kedua dari brace Moise Kean. Striker asal Italia itu kali ini menjebol gawang Inaki Pena dengan sepakan yang dilesatkannya dari tengah kotak penalti yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang.

Bahkan, pada menit 56, Federico Gatti hampir membawa Bianconeri berbalik unggul. Beruntung bagi sang raksasa Catalan, tandukan Gatti yang menyambut crossing manis Angel Di Maria menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Dua menit berselang, giliran Robert Lewandowski yang mengancam gawang Juventus. Sayangnya, umpan silang Franck Kessie yang disambarnya dengan tandukan keras melambung tipis di atas mistar gawang.

Terus menekan, Barcelona dua kali mendapat kesempatan emas pada menit 68 dan 69. Namun sayang, dua tendangan yang masing-masing ditembakkan oleh Raphinha dan Ansu Fati sama-sama membentur mistar gawang.

Setelah itu, Blaugrana terus menguasai jalannya pertandingan. Mereka benar-benar membuat Bianconeri kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Pada 10 menit akhir waktu normal, Memphis Depay dan kolega terus mengurung dan menggempur pertahanan Juventus. Tendangan jarak dekat yang dilepaskan Gavi dari jarak dekat pada menit 87 pun sukses dihalau oleh Perin.

Hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada gol lagi yang didapat oleh kedua tim. Alhasil, pertandingan ditutup dengan skor imbang 2-2.

Berikut adalah susunan pemain Barcelona vs Juventus:

BARCELONA (4-3-3): Marc Andre ter-Stegen; Sergi Roberto, Andreas Christensen, Eric Garcia, jordi Alba; Sergio Busquets, Nico Gonzales, Franck Kessie; Ousmane Dembele, Pierre-Emerick Aubameyang, Robert Lewandowski

Cadangan: Alex Balde, Marc Casado, Alex Collado, Memphis Depay, Sergino Dest, Raphinha, A. Ezzalzouli, Ansu Fati, Inaki Pena, Miralem Pjanic, Gavi, Arnau Tenas, Pablo Torre, Frenkie de Jong

Pelatih: Xavi Hernandez

JUVENTUS (4-5-1): Wojciech Szczesny; Danilo, Leandro Bonucci, Geison Bremer, Alex Sandro; Dennis Zakaria, Manuel Locatelli, Angel Di Maria, Juan Cuadrado, N. Rovella; Moise Kean

Cadangan: M. Ake, T. Barbieri, M. Compagnon, N. Cudrig, M. Da Graca, N. Fagioli, G. Garofani, F. Gatti, Weston McKennie, L. Pellegrini, Mattia Perin, C. Pinsoglio, Daniele Rugani, M. Soule, Dusan Vlahovic

Pelatih: Massimiliano Allegri


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT