Paten Xiaomi Ungkap Sistem Kamera Ponsel Modular (Foto: Ist)
Dini Listiyani

BEIJING, iNews.id - Kamera smartphone terus berkembang. Namun, Xiaomi tampaknya memiliki cara baru untuk menawarkan sistem kamera di perangkat mereka dengan model modular. 

Ide ponsel modular bukanlah hal baru dan beberapa perusahaan telah berusaha mewujudkannya. Kini, Xiaomi tampaknya ingin ikut mewujudkan ponsel modular tersebut.

Menurut paten yang ditemukan oleh LetsGoDigital, Xiaomi memikirkan sistem di mana hanya bagian tertentu dari ponsel yang dapat dilepas. Sementara komponen dasar ponsel, termasuk baterai, layar, dan papan logika, tetap utuh. Jadi hanya modul kamera dan port bawah dapat ditukar. 

Mungkin agak sulit untuk memvisualisasikan apa yang dimaksud Xiaomi. Beruntung, LetsGoDigital membagikan beberapa render tentang seperti apa tampilan telepon modular itu, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Sabtu (22/5/2021). 

Berdasarkan pengajuan paten Xiaomi, telepon modular dapat beralih antara modul dengan tonjolan kamera persegi dan satu dengan kamera dalam satu kolom. Rendernya, bagaimanapun juga membayangkan modul dengan layar kedua di belakang, sempurna untuk menggunakan kamera untuk selfie.

Paten juga menunjukkan bagian bawah ponsel meluncur keluar meskipun tidak menunjukkan apa yang bisa dilakukan dengannya. Tepi ponsel itu juga bisa sedikit bermasalah karena cara speaker dan port pengisian daya ada di sana. 

Tentu saja, ini hanya paten dan mungkin tidak menjadi produk nyata, terutama mengingat bagaimana ponsel modular belum laku meski merupakan ide populer.


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT