Salip Apple, Xiaomi Duduki Posisi Kedua di Pasar Smartphone Dunia (Foto: Xiaomi)
Dini Listiyani

BEIJING, iNews.id - Xiaomi kini menjadi produsen smartphone terbesar kedua di dunia dalam segi pangsa pasar. Produsen ponsel asal China itu menyalip Apple

IDC merilis laporan baru. Laporan IDC mencantumkan lima perusahaan smartphone teratas di dunia untuk kuartal kedua (Q2) 2021 dan memeringkatkan berdasarkan volume pengiriman, pangsa pasar, dan pertumbuhan dari tahun ke tahun.

Di posisi teratas ada Samsung dengan volume pengiriman 59 juta unit, 4 juta lebih banyak dari yang dikirimkan pada kuartal yang sama pada 2020. Meskipun telah mengirim lebih banyak unit, pangsa pasarnya turun dari 19,5 persen menjadi 18,8 persen. 

Di posisi kedua ada Xiaomi dengan 53,1 juta unit dikirim dan pangsa pasar 16,9 persen. Angka itu adalah lompatan besar dari 28,5 juta unit yang dikirim YoY dan dari market share sebesar 10,3 persen, sebagaimana dikutip dari Gizmo China. 

IDC menyatakan perusahaan telah mencatatkan pertumbuhan sebesar 86,6 persen. Apple adalah perusahaan smartphone terbesar ketiga dengan 44,2 juta unit dan market share 14,1 persen. 

Perusahaan yang berbasis di Cupertino melihat pengiriman dan pangsa pasarnya naik YoY dari masing-masing 37,6 juta dan 13,6 persen. Oppo dan Vivo mengambil tempat keempat dan kelima dengan masing-masing 32,8 dan 31,6 juta unit dikirimkan.

Oppo memiliki market share 10,5 persen dan mencatat pertumbuhan 33,7 persen. Market share Vivo sebesar 10.1 persen dan mencatatkan pertumbuhan sebesar 33,7 persen. 

IDC menambahkan statistik di atas mewakili perusahaan induk saat ini untuk brand yang dimiliki dan dioperasikan sebagai anak perusahaan. Jadi, statistik Xiaomi mencakup pengiriman yang dilakukan Redmi dan POCO. 


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT