Galaxy Z Flip 3 (Foto: Samsung)
Dini Listiyani

JAKARTA, iNews.id - Samsung telah mengumumkan dua smartphone layar lipat baru yakni Galaxy Z Flip vs Z Fold 3. Ponsel baru ini memulai debutnya bersama earbuds Galaxy Buds 2, Galaxy Watch 4, dan Watch 4 Classic.

Di Indonesia, Samsung telah membuka pre-order bulan lalu. Dan, kini smartphone layar lipat teranyar dari Samsung ini akan tersedia di pasar Tanah Air mulai 10 September. 

"Samsung berkomitmen terus berinovasi menghadirkan teknologi yang bekerja untuk pengguna, bukan sebalinya," kata Presiden Samsung Electronics Indonesia Yoonsoo Kim saat peluncuran. 

Perbedaan menonjol dari kedua ponsel ini terlihat dari bentuk dan cara melipatnya. Galaxy Z Fold 3 dilipat secara tegak lurus, seperti membuka buku. Sementara Galaxy Z Flip 3 dilipat secara mendatar, seperti ponsel jenis clam shell.

Untuk lebih jelas, berikut ini perbedaan Galaxy Z Flip 3 vs Z Fold 3 sebagaimana dikutip dari ZDNet, Kamis (9/9/2021).

Layar
Kedua ponsel lipat Samsung memiliki layar sama. Satu di depan dan yang lainnya di dalam. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini mengacu pada layar depan sebagai cover screen pada kedua model.

Di Galaxy Z Fold 3, layar cover berukuran 6,4 inci dan berfungsi sebagai tampilan pada smartphone standar. Anda bisa mengetuk dan swipe di sekitar antarmuka seperti di Galaxy S21, ponsel Android lainnya, atau iPhone.

Pada Galaxy Z Flip 3, layar cover lebih kecil yakni berukuran 1,9 inci. Tujuan utamanya adalah memberi Anda sekilas informasi dalam peringatan e-mail, pesan teks, atau bahkan sebagai jendela bidik untuk mengambil selfie. 

Saat Anda membuka salah satu ponsel sambil melihat peringkata atau aplikasi di cover screen, Anda akan menemukan aplikasi itu terbuka dan siap untuk Anda di layar utama. 

Harga
Dari segi harga tentu saja kedua smartphone layar lipat ini berbeda. Ponsel ini dipasarkan di Indonesia seharga Rp24.999.000 untuk model 12GB+256GB dan Rp26.999.000 model 12GB+512GB.

Sementara Galaxy Z Flip 3 dibanderol Rp14.999.000 untuk model 8GB+128GB. Sementara itu, untuk model 8GB+256GB dibanderol Rp15.999.000 dan tersedia dalam pilihan warna Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black. 

Baterai
Selain itu, perbedaan juga terlihat dari segi baterai. Untuk Galaxy Z Flip 3 mempunyai baterai berkapasitas 3.000 mAh. Sedangkan untuk Galaxy Z Fold 3 dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh. 

S Pen
Tanpa Galaxy Note baru untuk penggemar stylus Samsung S Pen, Samsung harus memilih perangkat yang akan bekerja dengan pena digital. Perangkat itu adalah Galaxy Z Fold 3.

Anda harus membeli S Pen secara terpisah karena Samsung tidak menyertakannya di dalam kotak. Selain itu, pena hanya akan berfungsi dengan layar utama Galaxy Z Fold 3, jadi Anda harus membuka ponsel untuk membuat catatan.

Samsung membuat S Pen Fold Edition khusus untuk Galaxy Z Fold 3. Ini akan bekerja dengan Air Commands, tapi tidak memiliki fitur Bluetooth yang lebih baik yang ditemukan di S Pen Pro seperti Air Actions untuk mengontrol perangkat Anda dari seberang ruangan.


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT