3. Mengatur margin
Margin merupakan tepi yang digunakan sebagai batas halaman cetak. Demi terhindari dari lembar kerja yang terpotong, maka kamu harus mengatur margin sesuai dengan lembar kerja dan ukuran kertas milikmu.
Berikut ini adalah langkah-langkahnya.
- Buka laptop atau PC.
- Masuk pada file Excel yang hendak dicetak.
- Jika sudah terbuka, klik tab Page Layout.
- Klik opsi Page Setup.
- Klik opsi Margins.
- Pilih ukuran batas tepi sesuai keinginan.
- Jika tidak ada yang cocok, kamu bisa mengaturnya sendiri dengan menekan opsi Custom Margin di bagian paling bawah dropdown.
- Masukkan ukuran tepi kanan-kiri-atas-bawah sesuai keinginan.
- Jika sudah, print lembar kerja tersebut.
4. Menggunakan fitur Print Area
Print area adalah lokasi lembar kerja yang akan muncul di kertas saat dicetak. Dengan mengatur print area, maka tidak ada bagian dari lembar kerja di Excel yang akan terpotong.
Berikut ini adalah langkah-langkahnya.
- Buka laptop atau PC.
- Masuk pada file Excel yang hendak dicetak.
- Jika sudah terbuka, klik tab Page Layout.
- Klik opsi Page Setup.
- Klik opsi Print Area.
- Klik opsi Set Print Area'.
- Cetak lembar kerja dan area yang dipilih yang akan tercetak.
Demikian beberapa cara print Excel agar tidak terpotong. Selamat mencoba.