JAKARTA, iNews.id - Reels Instagram mengalami pertumbuhan yang pesat di Indonesia. Platform berbagi foto tersebut pun membagikan daftar tren dan insight menarik seputar Reels dan menguji coba penggabungan format video singkat di Instagram menjadi Reels.
Instagram telah mengembangkan Reels untuk bersaing dengan platform populer TikTok. Dalam kurun waktu lima bulan, Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan pembuat konten Reels paling aktif di dunia.
Tab Reels juga tercatat berkontribusi secara signifikan terhadap proporsi waktu yang dihabiskan di Instagram secara keseluruhan. "Reels merupakan bagian besar dari masa depan konten entertainment di Instagram. Dalam kurun waktu kurang dari 150 hari, Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara," ujata Country Director untuk Meta Indonesia Pieter Lydian.
Data internal Instagram menunjukkan, kesuksesan Reels di Indonesia disebabkan kehadiran konten-konten yang dicari pengguna saat ini yakni entertainment. Namun, hiburan adalah sesuatu yang bersifat personal dan berbeda bagi setiap orang.
Karena apa yang ditemukan menghibur bagi seseorang, belum tentu sama menghiburnya dengan orang lain. Reels sangat populer karena menghadirkan konten hiburan personal dan sesuai dengan apa yang disukai pengguna. Berikut ini adalah tema konten Reels yang populer di Indonesia:
1. Komedi: Orang Indonesia suka tertawa dan hal tersebut juga tercermin di Reels. Karena Reels membuka pintu bagi kreator-kreator baru, Instagram melihat munculnya generasi komedian baru di Instagram; seperti @arditerwandha, @kathypermata, @kristo.immanuel, @muhadkly, dan @vennyadisuryo, yang dengan kreatif memanfaatkan kekuatan video berdurasi singkat untuk membuat konten lucu dan menghibur.
2. Cinta dan Keluarga: Pandemi telah membuat orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu bersama pasangan dan keluarga. Konten yang menggambarkan interaksi bersama orang terkasih, mulai dari konten yang lucu hingga menyentuh hati, juga populer di Reels karena hal ini mencerminkan apa yang kita lalui setiap hari.
3. Fesyen: Orang masih suka belanja walaupun tidak bisa bepergian kemana-mana. Oleh karena itu, Reels menjadi tempat untuk menunjukkan gaya #ootd mereka.