Kebanyakan pelaku usaha menjemput bola dengan menjual langsung ke pelanggan melalui aplikasi messenger atau media sosial. Tapi, semua ini merepotkan karena operasional dilakukan secara manual dari mencatat pesanan sampai memeriksa transaksi pembayaran.
“Brand yang sudah besar seperti Adidas, maupun brand legendaris Bandung memiliki website resmi sendiri, untuk bisa mengendalikan bisnis dan konsumen mereka. Tidak hanya brand besar dan legendaris, tapi juga brand baru seperti D.F.o Bandung milik Dendy Darman Founder unkl347 yang mempercayakan flagship store mereka di dalam aplikasi Tokko,” ujar VP Business Development Tokko, Arlan Andhika.
Melalui aplikasi Tokko, pelaku UMKM bisa membuat website resmi mereka sendiri hanya dengan bermodalkan smartphone. Salah satu keunggulan dari memiliki website resmi adalah identitas brand pelaku UMKM tertap terjaga. Ini berbeda dengan berjualan di e-commerce atau marketplace yang hampir tidak memperhatikan branding.
“Paling penting, setelah memiliki website resmi, kita akan membangun hubungan yang terus-menerus dengan pelanggan. Dengan Tokko ada fitur daftar pelanggan yang memudahkan kamu menghubungi pelanggan setia kamu,” kata Lead Product Manager Tokko, Radix Juniardi Hidayat.