Namun, karena orang menjadi lebih skeptis tentang cara kerja jaringan sosial, sebagian besar platform telah mengungkapkan cara kerja dasar algoritme mereka. Beruntung, itu berarti pengguna sekarang mengetahui beberapa sinyal peringkat utama untuk algoritma TikTok, langsung dari TikTok:
1. Interaksi Pengguna
Sama seperti algoritme Instagram, algoritme TikTok mendasarkan rekomendasi pada interaksi pengguna dengan konten di aplikasi. Interaksi seperti apa? Apa pun yang menawarkan petunjuk tentang jenis konten yang disukai atau tidak disukai pengguna.
2. Informasi Video
Sementara sinyal interaksi pengguna didasarkan pada cara Anda berinteraksi dengan pengguna lain di aplikasi, sinyal informasi video didasarkan pada konten yang cenderung Anda cari di tab Temukan. Ini dapat mencakup detail seperti:
- Caption
- Suara
- Hashtag
- Efek
- Topik yang sedang tren
3. Pengaturan Akun dan Perangkat
Ini adalah pengaturan yang digunakan TikTok untuk mengoptimalkan kinerja. Namun, karena mereka didasarkan pada pilihan pengaturan satu kali dibanding keterlibatan aktif, mereka tidak memiliki banyak pengaruh pada apa yang Anda lihat di platform seperti interaksi pengguna dan sinyal informasi video. Beberapa pengaturan perangkat dan akun yang termasuk dalam algoritma TikTok adalah:
- Pilihan Bahasa
- Pengaturan negara (Anda mungkin lebih cenderung melihat konten dari orang-orang di negara Anda sendiri)
- Jenis perangkat seluler
- Kategori minat yang Anda pilih sebagai pengguna baru