Cara Transfer Data WhatsApp dari iPhone ke Ponsel Samsung (Foto: Unsplash)
Dini Listiyani

JAKARTA, iNews.id - Cara transfer data WhatsApp dari iPhone ke Samsung sekarang semakin mudah. Karena, WhatsApp menjembatani pengguna iPhone untuk pindah ke ponsel Samsung. 

Jika berpindah dari iPhone ke perangkat Android, Anda dapat mentransfer informasi akun, foto profil, obrolan individu, obrolan grup, riwayat chat, media, dan pengaturan. Anda tidak dapat mentransfer riwayat panggilan atau nama tampilan Anda. 

Namun, sebelum menjalan proses pemindahan data, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama, Anda butuh aplikasi SmartSwitch versi 3.7.22.1 atau lebih tinggi di perangkat baru. 

Kedua, WhatsApp iOS versi 2.21.160.17 atau lebih tinggi di perangkat lama. Ketiga, Anda perlu mempersiapkan WhatsApp versi 2.21.16.20 atau lebih baru lagi di perangkat baru Anda. 

Keempat, Anda membutuhkan kabel USB-C to Lighting. Kelima, gunakan nomor ponsel yang sama di perangkat baru seperti yang lama. Terakhir, perangkat Android baru Anda harus dari factoru new atau reset to factory settings. 

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk cara transfer data WhatsApp dari iPhone ke ponsel Samsung, sebagaimana dikutip dari halaman FAQ WhatsApp, Minggu (3/10/2021).

1. Nyalakan Samsung Anda dan sambungkan dengan kabel ke iPhone Anda saat diminta
2. Ikuti pengalaman Samsung Smart Switch
3. Saat diminta, pindai kode QR yang ditampilkan di perangkat baru menggunakan kamera iPhone
4. Tap Start di iPhone Anda dan tunggu prosesnya selesai
5. Lanjutkan pengaturan Samsung baru Anda
6. Saat Anda mencapai home screen, buka WhatsApp dan masuk menggukan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan di perangkat lama Anda
7. Tap import saat diminta, dan biarkan prosesnya selesai
8. Selesaikan aktivasi perangkat baru Anda dan Anda akan melihat chat menunggu Anda

Perlu diingat, perangkat lama Anda akan tetap memiliki data Anda, kecuali Anda menghapusnya atau delete WhatsApp.

Selamat mencoba!


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT