JAKARTA, iNews.id - Esport semakin berkembang di Tanah Air. Bahkan eSport sudah menjadi ladang penghasilan bagi para gamer di Tanah Air dan di kompetisikan di mana saja.
Industri video game telah berkembang menjadi industri multi-miliar pound dalam beberapa dekade. Dan, eSports sekarang mengukir pasarnya sendiri. eSports berada di jalur untuk mencapai pendapatan hampir 1,6 miliar dolar AS pada 2023. Menurut data Newzoo, angka ini meningkat dari hanya 776 juta dolar AS pada 2018.
eSports memiliki sekitar 495 juta viewers, menurut data Newzoo, dengan ini diperkirakan akan mencapai 646 juta viewers pada 2023. Tapi bagaimana eSports bisa sampai sekarang?
Nah, jika mundur beberapa dekade, sejumlah video game paling awal yang terkenal sebenarnya kompetitif. Tennis For Two dari 50an dan Pong dari awal 70an keduanya melibatkan dua pemain yang memukul bola pixelated bolak-balik untuk mencatat skor yang lebih tinggi dibanding pemain lawan 646.
Turnamen Space Invaders Atari pada 1980 adalah salah satu acara game kompetitif pertama yang paling populer, di mana para pemain (sekitar 10.000 peserta) berusaha untuk mencatat skor tertinggi. Sebelum itu, Universitas Stanford mengadakan turnamen yang jauh lebih kecil untuk Spacewar pada tahun 1972.