Percepat Proses Verifikasi, Telkom Akses Integrasikan Berbagai Aplikasi Berbasis AI

Anindita Trinoviana
Telkom Akses terus perkuat komitmen dalam mendukung transformasi digital dengan mengimplementasikan teknologi AI pada berbagai sistem kerja. (Foto: dok Telkom)

JAKARTA, iNews.idPT Telkom Akses (Telkom Akses) yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus memperkuat komitmennya dalam mendukung transformasi digital dengan mengimplementasikan teknologi Artificial Intelligence (AI) pada berbagai sistem kerja. Penerapan ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, namun juga mempercepat proses bisnis lintas unit.

Di sisi Procurement, Telkom Akses menghadirkan aplikasi My TA sebagai layanan invoice online. Dengan dukungan AI, sistem ini mampu melakukan verifikasi otomatis atas dokumen yang diunggah vendor, sehingga proses invoicing menjadi lebih cepat, akurat, dan efisien.

Aplikasi My TA juga telah terintegrasi dengan sistem Financial Integrated's Project Management (FISTA) dan System Applications and Products in Data Procesing (SAP) yang digunakan oleh unit Finance. Sehingga, teknologi Robotic Process Automation (RPA) dapat mendistribusikan dokumen secara otomatis ke verifikator dengan beban kerja lebih ringan.

Selain itu, sistem mampu membaca file dalam format JPG maupun PDF, lalu secara otomatis menginput data ke form digital yang dikembangkan oleh tim IT Telkom Akses.

Sementara di Operation, pemanfaatan AI difokuskan untuk mendukung kinerja teknisi dan meningkatkan kualitas layanan. Beberapa aplikasi telah dikembangkan dan terintegrasi, antara lain Lensa, iBrite, dan iBooster, yang mendukung proses mulai dari pemasangan (Fulfilment), pemeliharaan (Assurance), hingga pencabutan layanan (Dismantle).

Editor : Anindita Trinoviana
Artikel Terkait
Bisnis
14 jam lalu

Layanan Gratis, TASPEN Imbau Masyarakat Abaikan Oknum yang Minta Video Call

Belanja
19 jam lalu

Rekomendasi Sanitary Terbaik 2026: Brand Berkualitas Eropa untuk Smart Toilet dan Shower

Bisnis
2 hari lalu

BNI Pastikan Layanan di Sumatra Kembali Normal Usai Banjir

Bisnis
2 hari lalu

BNI Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Sumbar, Monitoring Masih Berlanjut

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal