“Kami ingin membantu banyak pegiat usaha kecil dan menengah di Indonesia, untuk ikut andil dalam menggerakkan roda perekonomian negeri, dengan membuat usaha mereka berjalan dengan mudah, tanpa kesulitan akses untuk mendapatkan produk” kata Indra Setiawan Liputra, direktur Caribarang.
Indra mengungkapkan melalui platform yang dikembangkannya, para pegiat usaha online diharapkan bisa membeli kebutuhan barang dagangan dari luar negeri dengan sangat mudah, dibantu tim purchasing yang fasih berbahasa asing, sehingga mempermudah proses komunikasi ke supplier.
Patut diketahui, tren positif perkembangan ekonomi digital sejalan dengan perkembangan investasi. Hasil studi Google, Temasek, Bain & Company (2021) menunjukan nilai investasi ekonomi digital Indonesia sepanjang Q1-2021 sebesar 4,7 miliar dolar AS dan telah melampaui nilai tertinggi selama empat tahun terakhir. Capaian tersebut menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi terpopuler di Asia Tenggara, melampaui Singapura.
Selain investasi, Indonesia juga memiliki berbagai potensi yang dapat memperkuat peluang akselerasi perkembangan ekonomi digital. Pada 2021 nilai transaksi e-commerce Indonesia berhasil mencapai Rp401,25 triliun.