“Melalui survei terungkap bahwa mayoritas brand lokal dan UMKM dari kategori Fashion (56 persen), Beauty, Care, & Health (39 persen), dan Daily Product atau FMCG (32 persen), serta kebutuhan Lifestyle (17 persen),” kata Andi, Senin (15/1/2024).
Sementara jika dianalisa lebih dalam data di atas, kategori Fashion dan Beauty, sebagai dua kategori utama yang selalu menjadi incaran masyarakat. Perkembangan kedua kategori ini pun mengungkapkan bagaimana transformasi digital telah memberikan gaya berjualan baru lewat popularitas live streaming di platform e-commerce.
Berdasarkan hasil survei ini menunjukan, Shopee Live kembali berhasil menduduki peringkat pertama dan jauh memimpin dari tiga pemain lainnya. Lewat data ini, dapat disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi kekuatan utama dalam ekosistem live streaming untuk industri fashion dan beauty dengan mayoritas brand lokal dan UMKM.
“Melihat pertumbuhan yang pesat dan tingginya animo para penjual khususnya brand lokal dan UMKM akan Shopee Live, fitur live streaming kini menjadi bagian penting dari lanskap belanja online di Indonesia,” katanya.