Dari Sumatra hingga Papua, Ini Produk Lokal dan UMKM Favorit di Shopee 11.11 Big Sale

Rizqa Leony Putri
Shopee 11.11 Big Sale ditutup dengan pencapaian dan tren belanja menarik untuk brand lokal dan UMKM dari Sumatra hingga Papua.. (Foto: Freepik/studioredcup)

JAKARTA, iNews.id - Kampanye Shopee 11.11 Big Sale baru saja ditutup dengan berbagai pencapaian dan tren belanja menarik, terutama untuk brand lokal dan UMKM. Apalagi melihat semangat konsumen dalam mendukung pertumbuhan bisnis lokal dan menghargai kreativitas, serta kualitas produk-produk dari pelaku usaha lokal begitu terasa di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale.

Tidak hanya sebagai momen untuk mencari promo terbesar akhir tahun yang memberi banyak keuntungan, tetapi juga menggambarkan bagaimana para penjual di berbagai pulau Indonesia bersaing menghadirkan produk terbaiknya di platform Shopee. Maka dari itu, tak heran jika beberapa pulau Indonesia memiliki tren produk paling larisnya masing-masing: 

Sebut saja pulau yang berada di paling barat Indonesia, yakni Pulau Sumatra. Ternyata minyak telon, popok bayi, dan kaos anak menjadi produk lokal dan UMKM yang paling banyak dibeli di puncak kampanye. Hal ini memperlihatkan kebutuhan produk dari kategori Ibu dan Anak menjadi tren yang sangat dicari saat ini bagi para ibu baru di Sumatra.

Berlanjut ke Pulau Jawa, sebagai pulau yang penduduknya paling besar, sepertinya tren belanja dipengaruhi oleh brand lokal yang semakin menjamur dengan kualitas produk yang tidak perlu diragukan. Terlihat pengguna banyak membeli hand and body lotion dan pelembab wajah dari brand lokal menjadi incaran untuk tampil maksimal. Namun, pencarian produk Smartphone juga menjadi yang tertinggi di pulau ini.

Berbeda dengan Pulau Bali yang sering disebut sebagai surganya destinasi wisata. Justru menuju akhir tahun sepertinya pulau ini akan menjadi tempat berlibur yang akan ramai dikunjungi. Sejalan dengan hal tersebut, produk kebaya Bali, kacamata hitam, dan sunscreen menjadi produk paling ramai dicari untuk mempersiapkan dalam menyambut para turis lokal maupun luar negeri.

Pulau Kalimantan Ternyata kondisi musim yang sedang pancaroba dari panas menuju musim hujan, produk kebutuhan seperti jas hujan, jaket pria dan qanita, serta hoodie, menjadi produk lokal dan UMKM paling laris di puncak kampanye 11.11. Terlihat pengguna sudah mempersiapkan perlengkapan untuk menyambut musim hujan akhir tahun.

Selain itu, Pulau Sulawesi juga memiliki banyak keberagaman dalam kebutuhan masyarakatnya. Temuan menarik dari perilaku belanja masyarakatnya, produk produk seperti kipas angin, lampu neon, serta panci dan wajan menjadi yang banyak dibeli di Pulau Sulawesi. Sepertinya produk-produk dari kategori Rumah Tangga menjadi kebutuhan utama di pulau ini.

Pulau Papua tak kalah mengejutkan dengan produk fashion seperti celana cargo, jam tangan pria, gelang couple, dan baju couple menjadi produk favorit masyarakat. Walau memang jauh dari Ibukota, masyarakat khususnya di pulau ini ternyata tetap up-to-date mengikuti tren yang ada, sehingga produk fesyen dan aksesoris tersebut menjadi incaran warga di sana.

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Nasional
8 jam lalu

Hari Santri Nasional, Khofifah dan Gus Iqdam Ajak Masyarakat Syukuri 80 Tahun Jatim

Bisnis
1 hari lalu

Bank Mandiri Pacu Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan lewat Mandiri Mikro Fest 2025

Nasional
1 hari lalu

Purbaya bakal Setop Impor Pakaian Bekas, Ancam Blacklist Importir

Nasional
2 hari lalu

Gencarkan Razia, Kementerian Imipas Musnahkan Puluhan Ribu Senjata hingga Elektronik

Belanja
3 hari lalu

Hadapi Logistic Race, Kecepatan dan Ketelitian Jadi Ujian di Episode 4 Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal