JAKARTA, iNews.id - Keterlibatan teknologi dan peran digitalisasi sangat penting dalam pengembangan e-commerce di era sekarang ini. Itu kenapa, kesadaran akan pentingnya pertumbuhan berkelanjutan mendorong banyak pemilik bisnis mencari cara baru dalam mengelola sumber daya, data, dan inovasi produk.
Pendekatan berbasis data (data-driven) kini dianggap sebagai kunci untuk memahami pasar, mengoptimalkan keputusan, dan menciptakan efisiensi di setiap lini operasional. Bahkan, digitalisasi operasional juga dipercaya dapat membantu e-commerce tumbuh lebih tangguh.
Menurut Leo Zhao, Country Manager BigSeller Indonesia, penting juga untuk melakukan efisiensi berbasis data.
"Kesuksesan jangka panjang hanya bisa dicapai melalui efisiensi berbasis data," katanya di acara BigSeller 2025 E-Commerce Summit yang berlangsung pada 2 November 2025.
Zhao melanjutkan, digitalisasi operasional membantu penjual bertransformasi menjadi entitas yang lebih tangguh menghadapi fluktuasi pasar.
Sementara itu, CEO BigSeller, Shirley Xie, menekankan bahwa tantangan terbesar dunia e-commerce saat ini adalah tumbuh tanpa profit.
Karena itu, penting untuk pemilik bisnis memperkaya ilmu dengan menghadiri forum yang dirancang bukan sekadar membahas bagaimana menjual lebih banyak, tetapi bagaimana membangun bisnis yang benar-benar menguntungkan.