Natali mengakui adanya program ini membantu dirinya dalam menyediakan beberapa hampers Natal dan Tahun Baru untuk dikirimkan ke sejumlah teman dan koleganya. Bila biasanya dia bisa mengeluarkan uang Rp2 juta, dengan menggunakan voucher PSBBI di beberapa e-commerce, dia hanya menghabiskan Rp1 juta.
“Saya pikir ini program yang baik dan membantu saya sebagai pembeli serta membantu umkm sebagai penjual,” katanya.
Adapun e-commerce yang menjadi partner PSBBI adalah Bukalapak, Bhinneka, Blibli, The FThing, Goorita, MalangGleerr, EverMos, PaxelMarket, BeeMarket, GrabFood, Jakcloth, Lakon Store, Amudra, serta Lakkon.ID.
Natali berharap masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan stimulus ini sebelum berakhir, yakni 12 Desember 2021 mendatang. Belanja barang untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru. “Atau kado untuk Hari Ibu bisa dilakukan sebelum PSBBI habis,” katanya.
Di sisi lain, mengingat program yang begitu bermanfaat bagi pertumbuhan UMKM di Indonesia dan daya beli masyarakat, Natali berharap program ini akan berlanjut di tahun tahun mendatang. “Perlu diperpanjang waktunya atau diadakan pada momen-momen tertentu,” tuturnya.