Ingat beragam hidangan lezat saat Lebaran berisiko meningkatkan kolesterol jahat dan gula darah. (Foto: IG Kemenparekraf)
Kevi Laras Wana

JAKARTA, iNews.id - Makan bersama keluarga menjadi momen indah saat Lebaran. Namun, ingat beragam hidangan lezat berisiko meningkatkan kolesterol jahat.

Lalu, bagaimana cara menetralisir kolesterol saat kulineran Lebaran? Mengonsumsi buah dan sayur menjadi kunci utama, bagi seseorang penderita kolesterol maupun gula darah (diabetes melitus/DM). Hal tersebut disampaikan Ahli gizi Primaya Hospital Tangerang, dr Yohan Samudra. 

"Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran untuk mencegah kenaikan kolesterol dan gula darah," ujar dr Yohan. 

Dia menuturkan saat lebaran, masyarakat kerap mengonsumsi makanan berbahan dasar tepung. Hampir setiap rumah menyediakan beragam kue kering dan cemilan lain. 

Kelebihan tepung dalam tubuh dapat meningkatkan kadar gula dan kolesterol, sebab tepung yang dihidangkan kebanyakan digoreng. Belum lagi hidangan populer di setiap lebaran, seperti Opor Ayam atau Rendang, serta makanan lain yang bersantan dan berminyak.

"Berbahaya jika kadarnya naik-turun tidak stabil, sehingga saat Lebaran serta setelahnya tetap memperhatikan asupan makanan. Hindari makanan digoreng, bersantan, tepung-tepungan, ataupun yang mengandung tinggi lemak," katanya. 

Perlu tambahan lemak sehat agar kolesterol tetap terjaga, bisa mengonsumsi ikan, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian. Jumlah kolesterol diukur dalam hitungan miligram per desiliter (mg/DL). 

Standar normal kolesterol dapat berbeda-beda setiap manusia. Berikut rinciannya. 

1. Pria/wanita usia 19 tahun atau lebih muda:

Kolesterol LDL: Kurang dari 100mg/dL

Kolesterol HDL: Lebih dari 45mg/dL

Non-HDL: Kurang dari 120mg/dL

Total kolesterol: Kurang dari 170mg/dL

2. Pria usia 20 tahun atau lebih tua:

Kolesterol LDL: Kurang dari 100mg/dL

Kolesterol HDL: 40mg/dL atau lebih tinggi

Non-HDL: Kurang dari 130mg/dL

Total kolesterol: 125 sampai 200 mg/dL

3. Wanita usia 20 tahun atau lebih tua:

Kolesterol LDL: Kurang dari 100mg/dL

Kolesterol HDL: 50mg/dL atau lebih tinggi

Non-HDL: Kurang dari 130mg/dL

Total kolesterol: 125 sampai 200 mg/dL


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT