Penginapan Campervan disiapkan untuk wisatawan MotoGP (Foto: Lonely planet)
kevi laras

JAKARTA, iNews.id - Event balap internasional MotoGP 2022 akan digelar di Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB). Bahkan, pemerintah menambah kapasitas penonton MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) dari 63.000 menjadi 100.000 orang.

Tentunya, dengan adanya penambahan ini akan membangkitkan ekonomi masyarakat Nusa Tenggara Barat. Tak terkecuali bagi para pemilik homestay di kawasan Mandalika, Lombok Tengah. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, akan menghitung kembali untuk jumlah hunian atau penginapan bagi wisatawan. 

Menurut dia, masih ada kekurangan sekitar 20.000 - 25.000 kamar tersedia bagi wisatawan yang berkunjung menyaksikan MotoGP. "Banyak sarana hunian atau Hotel dihitung single atau double occupancy. Di mana tak sesuai dengan beberapa kebutuhan wisatawan yang datang secara grup atau dalam orang banyak," kata Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing Senin (17/1/2022), disiarkan melalui YouTube Kemenparekraf.

"Kapasitas penonton MotoGP kita melihat secara total setelah ditambah menjadi 100.000 ada kekurangan 20.000 - 25.000 kamar. Dan ini saya minta dihitung ulang karena banyak sarana hunian wisata maupun hotel dihitung dengan single atau maksimum dobel okupansi," ujar Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga Uno, Campervan adalah salah satu fasilitas yang dapat mengubah mobil menjadi tempat penginapan, khususnya bagi wisatawan otomotif di MotoGP. Namun dalam memenuhi kebutuhan tersebut tentu memerlukan ketersedian listrik dan parkiran.

"Berapa kebutuhannya dan berapa sisanya kita bisa siapkan melalui intervensi yang kemarin disampaikan seperti Campervan. Campervan ini salah satu fasilitasi, mobil bisa diubah menjadi hunian dengan dukungan listrik dan air yang disediakan dan tempat parkirnya," katanya.

Sehubungan dengan penginapan bagi wisatawan, Sandiaga melihat ada spot untuk menyediakan Campervan yaitu di area Poltekpar Lombok yang tak jauh dari Mandalika. Menurutnya, bagian itu menjadi opsi inovasi untuk meningkatkan ruang ekonomi atas kegiatan MotoGP 2022.

"kami melihat salah satu potensi itu ada di area Poltekpar Lombok yang tidak jauh dari Mandalika masih di Kabupaten Lombok Tengah menjadi salah satu inovasi untuk memberikan ruang ekonomi kita dan ketersediaan motoGP," kata Sandiaga Uno.


Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT