Kemenparekraf Dukung Anak Muda Kenalkan Hidden Gem di Indonesia lewat The Land of Content

Wiwie Heriyani
Sandiaga Uno dukung anak muda kenalkan hidden gem (Foto: Wiwie)

"Jadi memang Indonesia itu adalah sumber dari konten-konten. Apa pun diceritakan. Dan apalagi kontennya bagus dan menceritakan tentang pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia," ujar Marthini, dalam dalam The Weekly Brief With Sandi Uno, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin, (17/7/2023).

Marthini menjelaskan, fokus inovasi yang diusung ILoC terdapat pada pelatihan dan pengembangan skill kepada anak muda desa di Indonesia. Pembinaan ditargetkan kepada 50 hingga 200 anak muda terpilih dari desa - desa di Indonesia yang akan mendapat pelatihan dan pembinaan secara langsung oleh pakar-pakar konten, hospitality service, dan konsultan UMKM guna pengembangan ekonomi kreatif.

"Karena Indonesia memiliki konten yang luar biasa dengan pulaunya, masyarakatnya, agamanya, kulinernya, semua. Jadi karena itu kami berkolaborasi, ini merupakan inovasi menurut kami, dan adaptasi setelah Covid. Ternyata karena era digital sekarang, ayo buat konten-konten tersebut dan berikan ke dunia di sinilah sumber konten tersebut,” tuturnya lagi.

Dari program tersebut nantinya akan menghasilkan tiga satuan tugas, yaitu:

Local Content Scout (LCS), anak muda yang gemar berpetualang ke tempat-tempat baru dan meriset titik-titik pariwisata baru. Lokasi yang diriset meliputi wisata kuliner, produk UMKM, bahkan warga desa yang memiliki skill budaya lokal.

Local Content Creator (LCC), anak muda yang bertugas untuk mengolah hasil riset tim LCS kemudian meliput lokasi yang sudah dipilih, sekaligus mengedit konten hingga mempublikasikan konten tersebut ke sosial media dan website ILoC.

Local Content Guide (LCG), anak muda yang bertugas mendampingi wisatawan yang datang dan sudah memilih destinasi wisata berdasarkan konten hasil dari tim LCC. Selain mendampingi, LCG juga bertugas sebagai penerjemah, pengantar, dan mengurus keperluan lainnya.

ILoC menjadi terobosan yang dapat memahami kebutuhan masyarakat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di desa, pemberdayaan UMKM serta peningkatan peluang usaha yang dapat menciptakan peluang lapangan pekerjaan. Program ini ditargetkan bagi para konten maker lokal dan mancanegara dengan menyediakan informasi yang jelas dan akurat sehingga mempermudah proses produksi konten mereka di Indonesia. Tidak hanya itu, program ini diharapkan pula dapat meningkatkan kualitas anak muda desa di Indonesia dengan pelatihan dan pengembangan skill.

Editor : Vien Dimyati
Artikel Terkait
Seleb
26 hari lalu

Sandiaga Uno Bikin Koleksi Fashion, Hasil Kolaborasi dengan Intresse

Bisnis
27 hari lalu

Kisah Surga Barang Antik di Jaksel, Berkembang dengan Dukungan KUR BRI

Destinasi
1 bulan lalu

4 Wisata Alam Hidden Gem di Indonesia, Ada yang Disukai Ratu Inggris

Nasional
2 bulan lalu

Sandiaga Uno Tingkatkan Omzet Usaha hingga Rp33 Juta dalam 2 Hari, Begini Caranya

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal