Namun, lanjut dia, sejak kuartal III tahun ini, minat masyarakat Indonesia untuk bepergian ke Jepang dan Korea Selatan meningkat signifikan seiring dengan dibukanya perbatasan di kedua negara itu.
Shirley menambahkan, dengan kondisi global yang semakin pulih dari pandemi, minat untuk melakukan perjalanan semakin menguat.
"Sepanjang tahun ini kita sudah mendengar istilah revenge travel di mana masyarakat di seluruh dunia memiliki keinginan kuat untuk kembali berwisata, begitu pun dengan masyarakat Indonesia," ujar Shirley.
Menurut dia, tidak hanya untuk tujuan domestik, konsumen juga turut mengincar destinasi internasional. "Kami akan terus berkomitmen untuk senantiasa terdepan dalam menghadirkan solusi yang tepat bagi konsumen untuk merencanakan perjalanan dengan lebih mudah, baik untuk destinasi di dalam maupun luar negeri," ujarnya.
Data yang dihimpun dari Traveloka Travel Fair 11.11 menunjukkan selain berwisata, minat konsumen untuk beraktivitas di luar ruang, melihat atraksi atau mengunjungi taman bermain juga menunjukkan tren positif. Hal ini terlihat dari meningkatnya pemesanan tiket atraksi lokal melalui Traveloka Xperience selama periode Travel Fair 11.11 hingga 24 persen dibandingkan dengan periode biasa.
Adapun jenis taman wisata atau atraksi yang digemari oleh konsumen adalah destinasi yang menawarkan beragam permainan untuk seluruh keluarga, seperti Dufan di Jakarta, Jatim Park di Kota Batu, dan Trans Studio di Bandung, hingga Universal Studios di Singapura.
Selain destinasi luar negeri yang mengalami lonjakan peminat, destinasi domestik juga tetap menjadi primadona. Destinasi-destinasi favorit kota besar yang menjadi incaran selama Traveloka Travel Fair 11.11 adalah Bali, Medan, Surabaya, Makassar, dan Jakarta.
"Menariknya, dalam promosi ini juga menunjukkan munculnya minat terhadap destinasi-destinasi wisata yang mulai berkembang, seperti Batam, Pekanbaru, Biak, Mando, Timika, dan Kendari," ujar dia.
Dia menambahkan, tidak hanya itu, tren staycation yang marak setelah pandemi juga tetap diminati oleh konsumen. "Staycation merupakan bentuk wisata singkat di berbagai jenis akomodasi, baik di dalam kota, maupun di luar kota," kata dia.