JAKARTA, iNews.id - Media sosial menjadi salah satu cara memudahkan pelaku kreatif untuk mengembangkan usaha. Apalagi, di era transformasi digital, media sosial berperan penting untuk industri besar maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
Banyak hal yang harus dipersiapkan pelaku usaha kecil untuk dapat bertahan, bersaing, bahkan meningkatkan usahanya hingga bisa menembus pasar internasional.
Perkembangan internet dan media sosial menjadi peluang bagi pengusaha agar produknya bisa lebih dikenal secara global dengan modal atau biaya yang terjangkau.
Karmila, Anggota Asosiasi Sales Nasional Indonesia (ASNI) Makassar mengatakan, perkembangan teknologi digital memudahkan hubungan setiap orang melalui gawai, mulai dari penyebaran informasi hingga mendukung aktivitas ekonomi.
Menurutnya, untuk memulai pemasaran produk secara global, sebaiknya pahami terlebih dahulu perbedaan dan keunggulan antara lokapasar atau marketplace dengan pasar konvensional.
"Lokapasar memiliki keunggulan dari pasar tradisional karena tidak membutuhkan bangunan fisik dan hanya perlu membuat akun untuk masuk jaringan internet sehingga nantinya dapat menjangkau konsumen yang lebih luas," ujar Karmila melalui keterangannya belum lama ini.