JAKARTA, iNews.id - Kuliner Nusantara dikenal memiliki rasa yang lezat dan khas. Melalui Festival Jajanan Bango (FJB), UMKM bisa mengeksplorasi masakan Nusantara dan dikenalkan hingga mancanegara.
Festival Jajanan Bango (FJB) telah berakhir pada 30 Oktober, 2022, diselenggarakan selama tiga hari di Plaza Parkir Timur, GBK Senayan. Festival kuliner terbesar ini diinisiasi oleh PT Unilever Indonesia Tbk.
Dalam pelaksanaannya, Festival Bango mendapat sambutan baik dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Menurut Sandiaga, kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Unilever Indonesia melalui Bango dalam memperluas pemasaran produk bumbu rempah Indonesia.
"Tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’ yang diangkat di Festival Jajanan Bango kali ini diharapkan mampu merepresentasikan kekayaan ragam kuliner bangsa, yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner yang paling kaya di dunia," ujar Sandiaga di Plaza Parkir Timur, GBK Senayan (30/10/2022).
Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, kecap merupakan salah satu bumbu yang menjadi ciri khas yang mempersatukan keragaman kuliner Indonesia. Dia mengimbau pelaku kuliner dapat mengeksplorasi kekayaan kuliner Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan UMKM Tanah Air.
"Eksplorasi kekayaan kuliner Indonesia perlu terus dilakukan untuk mendorong citra para UMKM sektor kuliner yang mampu berkontribusi pada perekonomian bangsa," ujar Sandiaga.