Melalui kampanye Gebyar Isi Piringku PAUD 2021 yang dilakukan Danone Indonesia diharapkan dapat mengedukasi ribuan orang tua, khususnya Ibu, dan para guru agar terus meningkatkan peran aktif dalam pemenuhan gizi seimbang sejak dini. Hal ini sebagai salah satu langkah penting pencegahan stunting.
Mahmud Fauzi, Koordinator Substansi Pengelolaan Konsumsi Gizi, Dit Gizi Masyarakat, Kementerian Kesehatan mengatakan, edukasi tentang pemenuhan gizi seimbang memiliki peran penting dalam upaya pencegahan stunting dan mempersiapkan anak Indonesia agar tumbuh optimal menjadi generasi maju.
Oleh karenanya, pencegahan stunting masih terus menjadi fokus Pemerintah yang tertuang dalam strategi dengan berbagai program untuk menurunkan angka stunting hingga 14 persen pada tahun 2024.
"Upaya penanggulangan stunting dan percepatan perbaikan gizi tersebut tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah, melainkan perlu adanya kolaborasi dengan lintas-sektor, salah satunya dengan sektor swasta," kata dia.
Karyanto Wibowo, Direktur Sustainable Development Danone Indonesia mengatakan, kampanye ini sejalan dengan misi perusahaan yaitu membawa kesehatan melalui makanan kepada sebanyak mungkin orang.
"Selain membawa produk gizi, kami juga membangun pengetahuan mendalam tentang budaya makanan lokal, kebiasaan makanan dan tantangan kesehatan masyarakat agar bisa berinovasi dan secara aktif mempromosikan alternatif yang lebih sehat untuk pilihan yang lebih baik," katanya.
“Diharapkan melalui kegiatan ini, para Ibu di rumah tetap bisa memberikan pemenuhan gizi seimbang kepada anak agar tumbuh kembang optimal, terutama di tengah masa pandemi ini,” ujar Karyanto Wibowo.