Mencicipi puding pandan sagu mutiara (Foto: Instagram@rita_siucien)
Vien Dimyati

JAKARTA, iNews.id - Puding pandan sagu mutiara merupakan salah satu dessert enak yang bisa disajikan kapan saja. Dessert ini identik dengan rasanya yang manis dan bertekstur lembut. 

Jika biasanya Anda hanya membuat puding cokelat, stroberi, atau vanilla, kali ini bisa berkreasi menggunakan sagu mutiara. Ya, bahan sagu mutiara memang kerap dijadikan bubur. Namun, jika diolah menjadi puding, rasanya juga lezat.

Cara membuat puding pandan sagu mutiara tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyiapkan bahan utama agar-agar, kemudian dimasak dengan susu uht dan santan. Rasanya makin gurih.

Puding ini biasa disajikan sebagai makanan penutup. Rasanya makin nikmat jika disantap dingin. Siapa saja akan ketagihan.

Penasaran ingin membuat puding pandan sagu mutiara yang enak dan gurih? Berikut ulasannya dirangkum melalui Instagram @rita_siucien, Rabu (5/1/2022).

Bahan:

1 bungkus bubuk agar-agar
300 ml susu cair UHT
200 ml santan instan 
300 ml air
150 gr gula sesuai selera
1 sdt past pandan wangi
Garam secukupnya
100 gr sagu mutiara putih

Cara Membuat: 

Didihkn dulu 1 liter air, setelah mendidih, masukkan sagu mutiara. Masak skitar 7 menitan, matikan kompor. Lalu tutup dan diamkan sekitar 15 menit hingga transparan. Lalu saring. Dan bilas dengan air 1 kali dan saring kembali. Sisihkan.

Cara Membuat Puding:

1. Cmpur sumua bahan dan aduk hingga rata (kecuali sagu mutiara). Lalu masak hingga mendidih. Matikan kompor.
2. Aduk-aduk sejenak hingga uap panas puding sedikit berkurang. Masukkan sagu mutiara yang sudah matang. Aduk-aduk rata. Lalu tuang ke dalam cetakan.
3. Diamkan hingga suhu ruang. Lalu masukan dalam kulkas. Puding Siap disajikan bersama vla. (Untuk vla bisa pakai vla instan siap pakai).


Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT