Jessica Jap menambahkan, bersama hampir 90 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), yang dipimpinnya dalam tim Category Development for FMCG & Long Tail Categories, dia konsisten menghadirkan berbagai inovasi demi terus mendukung pegiat usaha lokal di industri makanan dan minuman.
Misalnya melalui inisiatif seperti #SatuDalamKopi dan Tokopedia Nyam yang berhasil mendorong pelaku usaha di Indonesia terus beroperasi secara online terutama di tengah pandemi. Selain memberikan panggung kepada pegiat usaha lokal, inisiatif-inisiatif ini juga diharapkan dapat mendorong lebih banyak masyarakat bangga akan produk buatan Indonesia.
Selain menginisiasi berbagai kampanye yang relevan, Jessica dan tim juga secara langsung memberikan pendampingan penggunaan platform Tokopedia bagi para pegiat bisnis, khususnya UMKM. Misal untuk mengupload produk, menerima pesanan hingga melakukan pengiriman secara mandiri. Kelas online atau webinar edukasi pun diadakan untuk pebisnis baru maupun yang sudah menjadi penjual.
“Saya bahkan sempat turun langsung mengajarkan penjual daging di pasar tradisional untuk memakai platform Tokopedia agar bisa tetap berjualan di tengah situasi pandemi seperti ini,” kata Jessica.