Bahan alami untuk perawatan rambut (Foto: Healthline)
Wilda Fajriah

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak bahan alami yang bisa dikonsumsi sehari-hari untuk menyehatkan rambut. Salah satunya jeruk nipis dan kayu manis.

Rambut merupakan mahkota wanita. Karenanya, banyak dari mereka yang rela membeli produk perawatan rambut dengan harga yang fantastis supaya mendapatkan rambut yang sehat dan terawat.

Padahal, tidak perlu menghabiskan uang banyak dalam hal merawat rambut. Anda hanya harus melakukan rutinitas perawatan rambut yang tepat.

Nah, melansir Times of India, Jumat (10/12/2021), berikut adalah cara merawat rambut supaya sehat.

1. Pijat kulit kepala dengan minyak

Meminyaki rambut dengan pijatan lembut tidak hanya menghidrasi kulit kepala, tetapi juga memberikan nutrisi yang diperlukan untuk rambut Anda dan merangsang sirkulasi darah. Dengan peningkatan sirkulasi darah di kulit kepala, rambut tumbuh lebih tebal dan lebih kuat. Sebelum setiap mencuci rambut, oleskan minyak ke rambut Anda dan biarkan selama setidaknya 10 menit.

2. Minum air kayu manis dengan jeruk nipis setiap pagi

Kayu manis adalah bahan yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan usus. Penelitian modern membuktikan betapa pentingnya usus dalam hal kesehatan kita secara keseluruhan. Minum air panas dengan kayu manis dan jeruk nipis di pagi hari membantu mengembangkan bakteri yang lebih sehat dan bermanfaat di usus, yang efeknya terlihat pada kulit bercahaya dan rambut berkilau. Lakukan ini secara konsisten setidaknya selama 21 hari dan Anda akan melihat hasil yang tidak dapat disangkal.

3. Cuci kulit kepala seminggu sekali

Kita semua mencuci rambut kita, tetapi kita sering mengabaikan kulit kepala kita. Tidak membersihkan kulit kepala Anda adalah alasan utama Anda dapat mengembangkan gatal-gatal, infeksi atau ketombe.

Saat Anda mulai membersihkan kulit kepala seminggu sekali, kepala Anda akan terasa lebih sejuk dan kotoran berkurang secara signifikan. Kulit kepala yang bebas kotoran dan polusi membuat rambut berkualitas lebih baik.

4. Berlatih yoga asana untuk kesehatan rambut

Yoga asana sangat ilmiah dalam pendekatannya. Aktivitas ini dapat merangsang sistem tertentu dalam tubuh untuk meningkatkan atau menurunkan kadar hormon di daerah yang dituju. Hal ini membuat mereka sangat afektif untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan kesehatan.

Beberapa yoga asana dikaitkan dengan peningkatan kesehatan rambut dan juga mengurangi stres (yang merupakan penyebab utama rambut rontok) dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

5. Masukkan bahan-bahan alami yang baik untuk rambut dalam diet

Semakin banyak zat keras yang kita paparkan pada rambut dan kulit , semakin kita menghilangkan lapisan alami dan mikroorganisme yang baik. Bahan-bahan alami lembut dan sangat efektif bila digunakan dengan cara yang benar.

Hal ini tercermin dari seberapa baik nenek moyang kita mampu menjaga rambut mereka. Faktanya, sebagian besar dari kita telah mendengar tentang rambut tebal dan indah yang dimiliki kakek-nenek dan orang tua.

Itu adalah kumpulan dari praktik sehari-hari yang disebutkan di atas dan menggunakan bahan-bahan murni. Produk organik bergizi dan membuat pikiran kita lebih tenang (karena aroma alaminya) yang memungkinkan kesehatan yang lebih holistik.

Makanan organik mengubah fungsi tubuh, membuat merasa lebih ringan dan lebih berenergi pada saat yang bersamaan.
Beberapa bahan yang bagus untuk kesehatan rambut adalah biji rami, kacang merah, kayu manis, methi, ghee dan biji chia.


Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT