Hingga Jumat Siang, 26 Napi Kabur dari LP Aceh Besar Sudah Ditangkap

Antara ยท Jumat, 30 November 2018 - 13:04 WIB
Hingga Jumat Siang, 26 Napi Kabur dari LP Aceh Besar Sudah Ditangkap

Ilustrasi napi kabur. (Foto: Okezone)

BANDA ACEH, iNews.id - Polres Kota Banda Aceh kembali menangkap 16 narapidana penghuni Rumah Tahanan (Rutan)/Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas II A Lambaro, Aceh Besar, yang kabur, Kamis (29/11/2018) malam tadi. Dengan demikian, saat ini sudah 26 napi yang ditangkap kembali. Sementara 87 napi lainnya masih dalam pengejaran.

Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Dampak mengatakan, pihaknya telah mengembalikan 25 orang dari warga binaan itu ke LP Kelas II A Lambaro, sementara satu napi masih berada di Polsek Ingin Jaya.

Pada kesempatan itu, Kapolda Aceh meminta semua warga binaan yang melarikan diri dari LP Kelas II A Lambaro segera menyerahkan diri. "Saya minta dalam waktu 3 x 24 warga binaan segera menyerahkan diri ke kepolisian agar tidak terjadi hal yang tidak baik," kata Rio di LP Kelas II A Lambaro, Ingin Jaya, Aceh Besar, Jumat (30/11/2018).

Dia mengaku pengamanan di LP Kelas II A Lambaro belakangan ini cukup baik. Namun, terkait dengan kaburnya 113 warga binaan pada hari Kamis kemarin, pihaknya akan mengevaluasi kembali soal pengamanan tersebut. "Ya, selama Kalapas ini pengamanannya cukup baik, ya, mungkin ada sedikit yang perlu dibenahi," ujarnya.

Warga binaan yang melarikan diri itu, kata Rio, merupakan pindahan dari lembaga permasyarakatan di daerah. "Kami akan terus melakukan pengajaran. Saya berharap para keluarga mengantar warga binaan yang melarikan diri ke kepolisian agar tidak memengaruhi masyarakat lainnya," ucapnya.

Warga binaan yang ditempatkan di LP Kelas II A Lambaro tercatat 720 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 113 warga binaan melarikan melalui jendela depan dan pagar belakang. Hingga Jumat siang, puluhan petugas masih berjaga-jaga di LP Kelas II A Lambaro.


Editor : Himas Puspito Putra