10 Pesawat MAX 8 Menganggur, Lion Air Mengaku Bakal Dapat Kompensasi dari Boeing

Antara ยท Jumat, 01 November 2019 - 16:55 WIB
10 Pesawat MAX 8 Menganggur, Lion Air Mengaku Bakal Dapat Kompensasi dari Boeing

Direktur Operasi Lion Air, Daniel Putut. (Foto: Sindonews)

TANGERANG, iNews.id - Lion Air akan memperoleh kompensasi dari pabrikan pesawat asal AS, Boeing. Hal ini menyusul kondisi pesawat Boeing 737 MAX 8 yang menganggur (grounded) akibat insiden kecelakaan beberapa waktu lalu.

"Kami sudah komunikasikan kepada Boeing dan mereka sudah berniat baik memberikan kompensasi," kata Direktur Operasi Lion Air, Daniel Putut di Tangerang, Banten, Jumat (1/11/2019).

Putut mengatakan, kompesansi yang diberikan Boeing bukan dalam bentuk uang melainkan berupa pelatihan (training) dan perawatan pesawat khusus untuk pesawat Boeing 737 MAX 8, baik yang menganggur maupun yang belum datang.

Lion Air diketahui memiliki 10 pesawat Boeing 737 MAX 8. Saat ini, seluruh pesawat itu dilarang terbang oleh regulator. Masih ada 210 pesawat Boeing 737 MAX 8 pesanan Lion Air yang belum datang.

"Kita tentunya tetap berkomunikasi sama pihak Boeing terhadap cost-benefit-nya terhadap pesawat-pesawat yang di-grounded. Kita punya 10 pesawat. Kita sekarang berkomunikasi dengan Boeing, tanggapan Boeing cukup positif," tuturnya.

Dengan demikian, kata Daniel, Lion Air hingga saat ini belum berencana merenegosiasi kontrak pembelian 737 MAX 8 dengan Boeing, termasuk opsi membeli pesawat jenis lain.

"Belum sampai keputusan seperti itu. Lebih baik kita menjaga hubungan baik kepada semua pihak," kata dia.

Editor : Rahmat Fiansyah