100 Pulau Indonesia Akan Dilelang di Situs Asing, Begini Penjelasan Leadership Island

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 02 Desember 2022 - 18:08:00 WIB
100 Pulau Indonesia Akan Dilelang di Situs Asing, Begini Penjelasan Leadership Island
100 pulau Indonesia akan dilelang di situs asing, begini penjelasan Leadership Island. Foto: https://www.halmaheraselatankab.go.id/

JAKARTA, iNews.id - PT Leadership Islands Indonesia (LII) menegaskan, tidak ada penjualan Pulau Widi di Maluku Utara (Malut) kepada investor asing. Pernyataan ini membantah pemberitaan sejumlah media massa yang sebelumnya mengabarkan LII akan menjual 100 pulau kecil di kawasan Pulau Widi lewat perusahaan lelang asing mulai 8-14 Desember 2022.

Communication Director LII Okki Soebagio mengatakan, pemberitaan tersebut keliru dan menyesatkan. 

"LII ingin memberikan klarifikasi terkait beberapa liputan media dengan variasi judul berita berintikan '100 pulau di Indonesia dilelang'. LII dengan ini menanggapi bahwa isi pemberitaan tersebut adalah keliru dan menyesatkan," kata dia dalam keterangannya, Jumat (2/12/2022).

LII merupakan perusahaan yang memegang izin eksklusif untuk menjalankan usaha di Kepulauan Widi. Perusahaan telah membuat masterplan, rancangan arsitektur, dan mendapatkan perizinan menjalankan usaha di Kepulauan Widi, yang akan menjadi salah satu tujuan wisata berkelanjutan yang terbaik di dunia. 

Untuk mempercepat investasi asing besar ke pengembangan Kepulauan Widi paska pandemi, menurut Okki, LII mengambil langkah untuk bekerja sama dengan Sotheby’s Auction Concierge yang berbasis di AS dan Inggris. Sotheby’s Auction Concierge memiliki database klien internasional yang fokus berinvestasi pada bisnis real estate maupun perhotelan.

Dia membeberkan Sotheby’s Auction Concierge saat ini membantu LII untuk menemukan investor yang berpotensi sebagai mitra LII dalam mengembangkan Kepulauan Widi. Proses lelang yang dijalankan untuk menjual interest dalam LII. Ini bertujuan untuk menarik investor yang memiliki semangat dan visi yang sama dengan pengelola, yakni visi yang berfokus pada area konservasi skala besar, pembangunan yang berkelanjutan, dan pemberdayaan masyarakat.

"Sekali lagi, kami sampaikan bahwa Sotheby’s Auction Concierge dan LII sama sekali tidak bermaksud untuk menjual Pulau Widi, dan bahwa Sotheby’s Auction Concierge dan LII memahami secara penuh bahwa pulau-pulau di Indonesia adalah milik negara dan karenanya kepulauan tidak dapat dimiliki oleh individu atau perusahaan swasta mana pun," tuturnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda