2 Bank Turki Tangguhkan Sistem Pembayaran Rusia, Takut Kena Sanksi AS

Dinar Fitra Maghiszha ยท Selasa, 20 September 2022 - 15:16:00 WIB
2 Bank Turki Tangguhkan Sistem Pembayaran Rusia, Takut Kena Sanksi AS
2 Bank Turki tangguhkan sistem pembayaran Rusia, takut kena sanksi AS. Foto: Reuters

ISTANBUL, iNews.id - Pemberi pinjaman Turki Isbank dan Denizbank menangguhkan penggunaan sistem pembayaran Rusia Mir. Itu dilakukan menyusul tindakan keras Amerika Serikat (AS) terhadap mereka yang dituduh membantu Rusia menghindari sanksi atas perang di Ukraina.

Langkah tersebut dilakukan setelah AS memperluas sanksinya pekan lalu untuk menargetkan kepala eksekutif Sistem Pembayaran Kartu Nasional Bank Rusia (NSPK), yang menjalankan Mir. Adapun penangguhan oleh dua dari lima bank Turki yang telah menggunakan Mir mencerminkan upaya mereka untuk menghindari konflik keuangan antara Barat dan Rusia karena pemerintah Turki mengambil sikap diplomatik yang seimbang.

Isbank yang sahamnya anjlok 10 persen pada Senin (19/9/2022), telah menghentikan pembayaran Mir dan sedang mengevaluasi sanksi baru Departemen Keuangan AS. Isbank juga menyatakan ingin mematuhi hukum, peraturan, dan prinsip bisnis komersial nasional dan internasional.

Sementara Denizbank mengatakan, "Kami saat ini tidak dapat memberikan layanan di Mir. Bank bertindak sesuai dengan peraturan sanksi internasional," katanya, dikutip dari Reuters, Selasa (20/9/2022).

Turki yang merupakan anggota NATO ini, pada prinsipnya menentang sanksi Barat terhadap Rusia dan memiliki hubungan dekat dengan Moskow dan Kyiv, tetangganya di Laut Hitam. Turki juga mengutuk invasi Rusia dan mengirim drone bersenjata ke Ukraina sebagai bagian dari keseimbangan diplomatiknya.

Namun, kata para diplomat, negara-negara Barat semakin khawatir atas peningkatan hubungan ekonomi antara Turki dan Rusia, terutama setelah dilakukan beberapa kali pertemuan antara pemimpin Turki Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin, termasuk pertemuan pada pekan lalu di Uzbekistan.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda