Harga Minyak Murah dan Perang Disebut Bikin Ekonomi Rusia Bermasalah, Benarkah?

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 17 September 2022 - 13:01:00 WIB
Harga Minyak Murah dan Perang Disebut Bikin Ekonomi Rusia Bermasalah, Benarkah?
Harga minyak murah dan perang disebut bikin ekonomi Rusia bermasalah, benarkah?. Foto: Reuters

MOSKOW, iNews.id - Ada tanda-tanda ketegangan baru dalam ekonomi Rusia. Itu karena harga energi turun dan perang dengan Ukraina, yang hampir tujuh bulan menyebabkan pengeluaran besar. 

Data yang diterbitkan Kementerian Keuangan Rusia pada pekan ini menunjukkan, surplus anggaran Rusia susut selama musim panas. Pada akhir Juni, surplus mencapai 23 miliar dolar AS, namun pada Agustus turun menjadi hanya 2,3 miliar dolar AS. 

Pendapatan negara di bawah tekanan. Minyak secara tradisional menjadi komponen terbesar dibanding gas alam yang berkontribusi pada anggaran Rusia. Sementara harga minyak mentah patokan Eropa,  Brent telah anjlok 25 persen sejak puncaknya pada awal Juni lalu. 

Itu menjadi pukulan besar, bahkan sebelum embargo Uni Eropa atas impor minyak lintas laut Rusia, dan pembatasan harga oleh G7, yang direncanakan mulai berlaku pada Desember mendatang. Sementara di tengah harga gas alam di Eropa tetap sangat tinggi, pengiriman gas Rusia ke Uni Eropa dan Inggris telah turun 49 persen sejak awal tahun, kata Gazprom pekan lalu.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda