Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : KPK Tahan Tersangka Korupsi Proyek Rel KA Medan, Ini Identitasnya
Advertisement . Scroll to see content

2 Proyek Transportasi Canggih yang Diresmikan Tahun ini, Jadi Tanda Masa Kejayaan Kereta Api

Selasa, 26 Desember 2023 - 16:36:00 WIB
2 Proyek Transportasi Canggih yang Diresmikan Tahun ini, Jadi Tanda Masa Kejayaan Kereta Api
2 proyek kereta api LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Whoosh yang diresmikan tahun ini menandakan sektor transportasi kereta api Indonesia dalam masa kejayaannya. (Foto: Antara)
Advertisement . Scroll to see content

Peresmian tersebut sebenarnya juga sama seperti LRT Jabodebek yang beberapa kali mundur. Hal ini lantaran belum terlalu siap proyek tersebut diresmikan hingga jadwal Presiden sendiri yang tak sesuai. 

Saat peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jokowi juga mengenalkan jenama baru dari proyek tersebut, yakni Whoosh. 

"Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara. Dengan kecepatan 350 km per jam, dan kereta cepat ini kita namakan Whoosh, W, h, o, o, s, h, di baca whoosh," ucap Jokowi.

Proyek ini sudah direncanakan sejak tahun 2016 dengan lintasan sepanjang 142,3 kilometer dari Jakarta menuju Bandung dalam waktu 36 menit untuk perjalanan langsung, hingga 46 menit dengan kondisi perjalanan berhenti disetiap stasiun. Whoosh melewati empat stasiun, di antaranya Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. 

Namun, kini Stasiun Karawang juga belum dibuka untuk pemberhentian maupun pemberangkatan penumpang. Pada awalnya, proyek Kereta Cepat Whoosh diperkirakan menelan biaya Rp86,67 triliun, namun terjadi pembengkakan (cost overrun) menjadi sekira Rp114,24 triliun pada 2021.

Sementara, untuk besaran biaya pembengkakan proyek kereta cepat pemerintah Indonesia dan China sudah menyepakatinya yakni 1,2 miliar dolar AS atau setara Rp18 triliun.

Kereta Cepat Whoosh menggunakan kereta cepat generasi terbaru, yakni CR400AF. CR400AF merupakan hasil pengembangan tipe CRH380A oleh CRRC Qingdao Sifang. CR400AF memiliki lebar 3,36 meter, tinggi 4,05 meter, dengan panjang kepala kereta 27,2 meter dan intermediate kereta 25 meter.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut, saat ini sektor transportasi kereta api Indonesia sedang dalam masa kejayaannya. Pasalnya, kini produk yang dikeluarkan oleh KAI sudah beroperasi dengan baik dan bisa bersaing dengan berbagai produk kereta dari negeri seberang. Misalnya, Kereta Cepat Whoosh. 

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut