4 Konglomerat Indonesia Pemilik Universitas Ternama, UPH hingga Binus

Ikhsan Permana SP ยท Sabtu, 17 September 2022 - 13:48:00 WIB
4 Konglomerat Indonesia Pemilik Universitas Ternama, UPH hingga Binus
4 konglomarat Indonesia pemilik universitas ternama, UPH hingga Binus. (foto: binus.ac.id)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah pengusaha kaya atau konglomerat di Indonesia memilih memanfaatkan sebagian hartanya untuk berkontribusi di dunia pendidikan. Mereka mendirikan lembaga pendidikan seperti universitas.

Bahkan universitas yang didirikannya menjadi semakin besar dan dikenal luas oleh masyarakat. Universitas itu pun menjadi pilihan masyarakat karena dianggap memiliki kualitas bagus.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 4 konglomerat Indonesia pemilik universitas ternama:

1. Keluarga James Riady

James Riady merupakan anak taipan Mochtar Riady, pendiri Group Lippo. James meneruskan konglomerasi bisnis tersebut yang bergerak mulai dari jasa keuangan hingga konsumer.

James Riady bersama Ir. Johannes Oentoro dan Dr. (HC) mendirikan Universitas Pelita Harapan (UPH) pada 1994. Awalnya UPH menempati gedung sementara di Gedung Lippo Bank, Kedoya, Jakarta sebelum akhirnya dilakukan di gedung sendiri.

Pada 2006, UPH mulai membuka kelas internasional dan sejak didirikan telah meluluskan banyak alumni yang berkiprah di dunia bisnis hingga entertainment. 

Adapun kekayaan keluarga Riady menurut perkiraan Forbes mencapai 1,6 miliar dolar AS atau setara Rp24 triliun. 

2. Keluarga Ciputra

Ciputra dikenal sebagai taipan properti dan menjadi salah satu keluarga terkaya di Indonesia. Pada 2019 lalu, kekayaan Ciputra dan keluarga tercatat sebesar 1,1 miliar dolar AS.

Keluarga Ciputra mendirikan kampus bernama Universitas Ciputra di Surabaya, Jawa Timur.  Universitas tersebut didirikan pada 1990 dengan mengantongi izin Kementerian melalui SK PT No.74DO2006 tertanggal 31 Mei 2006. 

3. Keluarga Bakrie

Aburizal Bakrie pernah masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Keluarga Bakrie mendirikan Universitas Bakrie pada 2009. 

Awalnya, itu merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Kini Universitas Bakrie telah melahirkan lulusan yang sukses berkiprah di industri.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda