4 Taipan Internet China Rugi Rp196 Triliun Sehari

Aditya Pratama ยท Selasa, 27 Juli 2021 - 21:13:00 WIB
4 Taipan Internet China Rugi Rp196 Triliun Sehari
Ketua dan CEO Tencent Ma Huateng, salah satu taipan internet China yang rugi besar dalam sehari. Foto: Forbes

BEIJING, iNews.id - Sejumlah taipan internet China  menderita kerugian besar pada Senin (26/7/2021). Total kerugian dari empat miliarder tersebut mencapai 13,6 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp196,72 triliun hanya dalam satu hari. 

Keempat miliarder itu, yakni pendiri Meituan Wang Xing, Kepala Eksekutif NetEase Williang Ding, pendiri Pinduoduo Colin Zheng Huang, dan Ketua dan CEO Tencent Pony Ma atau Ma Huateng. Kerugian yang diderita karena aksi jual saham teknologi dan pendidikan yang menyebar ke sektor lain akibat pemerintah memperketat pengawasan praktik monopoli (anti-trust).  

"(Tindakan keras) adalah kelanjutan dari kebijakan antimonopoli sebelumnya dan menghentikan ekspansi modal yang tidak teratur. China juga ingin mengurangi ketidakpuasan di antara faksi-faksi yang berbeda di masyarakat, dan mengurangi tekanan secara keseluruhan," kata Direktur Chanson and Co Shen Meng, dikutip dari Forbes, Selasa (27/7/2021).  

Misalnya, regulator berusaha mengadopsi perlindungan untuk melindungi kurir makanan dengan mengharuskan perusahaan membayar asuransi lebih mahal dan memastikan kurir mendapatkan upah di atas minimum karena jam kerja yang panjang dan kondisi berbahaya. Hal itu membuat saham raksasa pengiriman makanan yang didukung Tencent, Meituan yang telah berjanji mematuhi aturan anti-trust, jatuh sebesar 10 persen di Hong Kong pada Selasa, setelah anjlok 14 persen sehari sebelumnya.

Saham Tencent, yang juga mendukung pasar online Pinduoduo, terkoreksi 5 persen di Hong Kong hari ini, setelah regulator memerintahkan perusahaan untuk menyerahkan hak cipta musik eksklusif. Perusahaan telah berjanji untuk mematuhi aturan tersebut.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2