5 Cara Menambah Wawasan dalam Berbisnis Ala Bob Sadino, Poin Terakhir Paling Penting

Rilo Pambudi ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 20:19:00 WIB
5 Cara Menambah Wawasan dalam Berbisnis Ala Bob Sadino, Poin Terakhir Paling Penting
Cara berbisnis ala Bob Sadino (Foto: Wikipedia)

JAKARTA, iNews.id - Cara menambah wawasan dalam berbisnis ala Bob Sadino menjadi informasi menarik bagi siapa saja yang ingin sukses menjalankan bisnis. Bob Sadino memang merupakan salah satu sosok pengusaha sukses yang menjadi inspirasi banyak orang.

Kisah sukses Bob Sadino banyak menjadi motivasi para pelaku bisnis untuk tetap semangat mengembangkan usahanya. Bob Sadino adalah pengusaha nyentrik pemilik Kem Chicks.

Tak hanya gaya penampilannya yang nyentrik, pengusaha yang wafat pada 2015 silam itu juga menjalankan berbagai bisnisnya dengan ide dan cara-cara out of the box. Siapa sangka, gaya berbisnisnya itulah yang membuat ia hingga saat ini dikenal sebagai salah satu pengusaha tersukses dan inspiratif.

Lantas, bagaimana cara berbisnis ala Bob Sadino yang bisa ditiru oleh para pengusaha dan pebisnis? Berikut ini uraiannya yang dilansir oleh iNews.id, Selasa (9/8/2022).

1. Mau Belajar dan Berpikir Kreatif

Salah satu yang sering menjadi point motivasi cara berbisnis ala Bob Sadino adalah mau belajar dan berpikir kritis. Belajar yang dimaksud di sini juga tidak dalam makna formal saja, melainkan belajar dari apapun dan dimanapun.

Menurut Bob Sadino, pelajaran paling efektif dan berharga adalah berasal kehidupan sekitar. Belajar langsung persoalan-persoalan sehari-hari akan membuat seorang pebisnis dituntut untuk mampu mengatasi masalah yang hadir secara kreatif.

Memiliki pandangan yang berbeda dari orang lain sangat penting dimiliki oleh seorang pengusaha. Ide unik adalah aspek penting dalam membentuk sebuah bisnis.

2. Hilangkan Rasa Takut dan Berani Mencoba

Saat menjalankan bisnis, tantangan terbesar yang perlu dilawan adalah rasa takut.
Perasaan takut tersebut biasanya timbul lantaran sudah merasa nyaman pada satu titik.

Bob Sadino adalah pengusaha nyentrik yang terkenal dengan modal nekatnya dalam memulai usaha. Misalnya saat Bob memulai berbisnis telur ayam negeri, ia memulai usaha tersebut dengan menjualnya dari satu rumah ke rumah lain tanpa adanya ketakutan akan kegagalan.


Cara berpikir Bob Sadino dalam berbisnis juga sangat sederhana. Menurutnya, seorang pengusaha tidak menemukan solusi jika tidak punya keberanian. Ketakutan untuk melangkah ke tahap sebelumnya justru memperkeruh masalah dan membuat bisnis tidak maju.

3. Berani Ambil Risiko

Takut akan gagal atau bangkrut biasanya adalah mindset yang dimiliki seseorang yang akan atau baru memulai usaha. Meski cukup baik dalam perencanaan, hal itu tetap tidak akan berkembang jika tidak bisa take action mengambil risiko.

Menurut Bob Sadino, eksekusi atau action menentukan 90% kesuksesan seseorang dalam berbisnis. Sesuatu yang tak kalah penting adalah ‘memulai’ langkah pertama dalam menentukan perubahan atau strategi. Jika terbiasa mengambil risiko, seorang pengusaha pastinya akan belajar banyak dan menemukan jalan-jalan baru menuju kesuksesan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda