5 Miliarder Bangkrut karena Krisis hingga Penipuan, Ada Elizabeth Holmes

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 05 September 2021 - 20:05:00 WIB
5 Miliarder Bangkrut karena Krisis hingga Penipuan, Ada Elizabeth Holmes
Elizabeth Holmes, mantan miliarder yang bangkrut dan akan segera diadili. Foto: Reuters

NEW YORK, iNews.id - Sejumlah miliarder di dunia harus bekerja keras untuk mencapai posisinya saat ini karena sebagian dari mereka tidak dilahirkan kaya. Namun beberapa dari miliarder tersebut harus kehilangan kekayaannya. 

Keputusan atau nasib buruk, penipuan, dan faktor lainnya yang menjadi penyebab miliarder itu jadi bangkrut. Bahkan ada yang dipenjara karena penipuan atau pencucian uang. 

Berikut ini lima orang yang sempat menjadi miliarder, namun kemudian bangkrut, seperti dikutip dari South China Morning Post (SCMP): 

1. Eike Batista

Pengusaha Brasil ini menghasilkan lalu kehilangan kekayaan miliar dolar AS di industri pertambangan dan eksplorasi minyak selama dua dekade. Dengan kekayaan sebesar 30 miliar dolar AS pada 2011, Batista menjadi orang terkaya kedelapan di dunia dan terkaya di Brasil saat itu. 

Namun kecelakaan di industri pertambangan dan runtuhnya salah satu perusahaan terbesarnya OGX membuat Batista bangkrut. Pada 2013, Forbes melaporkan dia kehilangan hampir 20 miliar dolar AS hanya dalam 1 tahun. Setahun kemudian, utangnya yang bengkak dan saham perusahaannya yang anjlok membuat kekayaan pribadinya merosot dari 200 juta dolar AS menjadi negatif. 

Kemudian pada 2017 lalu, Batista ditangkap oleh pihak berwenang Brasil dalam kasus pencucian uang senilai 100 juta dolar AS. 

2. Bjorgolfur Gudmundsson

Krisis perbankan pada 2007-2008 mempengaruhi Islandia lebih dari negara mana pun di dunia. Semuanya dimulai ketika tiga bank besar di negara itu mengalami gagal bayar pinjaman pada akhir 2008, yang akhirnya menyebabkan krisis politik dan ekonomi besar di Islandia selama tiga tahun. 

Bjorgolfur yang merupakan orang terkaya kedua di Islandia sebelum krisis terjadi memiliki sekitar 45 persen saham Landsbanki, salah saru dari 3 bank terbesar tersebut pada 2002. Menurut Forbes, pada Maret 2008, dia menempati peringkat 1.014 orang terkaya di dunia, dengan total kekayaan 1,1 miliar dolar AS. 

Setelah krisis keuangan, Bjorgolfur kehilangan kepemimpinannya di Landsbanki pada 2008 dan menyatakan bangkrut setahun kemudian. Dalam waktu kurang dari 1 tahun, kekayaan pribadinya anjlok drastis dari 1,1 miliar dolar AS menjadi nol. Sementara putranya, Thor Bjorgolfsson yang juga kehilangan seluruh kekayaannya selama krisis keuangan 2007-2008 mendapatkan kembali status miliardernya pada 2015.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: