5 Rekomendasi Bisnis dari Kerajinan Tangan yang Mengutungkan

Jeanny Aipassa ยท Jumat, 26 November 2021 - 12:17:00 WIB
 5 Rekomendasi Bisnis dari Kerajinan Tangan yang Mengutungkan
Kerajinann tangan dari rotan yang selalu diminati dari masa ke masa.

JAKARTA, iNews.id - Bisnis dari kerajinan tangan tak pernah lekang oleh waktu, bahkan bisa bertahan di berbagai musim, termasuk di masa pandemi. Keunikan dan nilai seni yang ada pada kerajinan tangan membuat produknya memiliki daya tarik tersendiri, bahkan bisa dijual dengan harga yang tinggi. 

Jika Anda cukup jeli, bisnis dari kerajinan tangan bisa menjadi lahan usaha yang menguntungkan. Tentunya, Anda harus memilih bisnis dari kerajinan tangan yang unik dan diminati banyak orang. 

Berikut 5 rekomendasi bisnis dari kerajinan tangan yang mengungtungkan dan selalu diminati pembeli: 

1. Peralatan Rumah Tangga dari Rotan

Rotan identik dengan furnitur dan peralatan rumah yang kuno dan antik. Hal ini, bisa menjadi celah yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis dari kerajinan tangan, seperti peralatan rumah tangga dari anyaman rotan dengan desain yang lebih modern. 

Belakangan ini, peralatan rumah tangga dari kerajinan tangan rotan sedang diminati, seperti rak susun, meja sudut ruangan, ayunan bayi, bahkan lemari pakaian anak. 

Agar lebih menarik, Anda dapat memberikan warna-warna cerah untuk kerajinan tangan rotan tersebut, seperti kuning, putih, hijau, bahkan merah. 

2. Tas Rajutan 

Kerajiban tangan rajutan dapat menjadi bisnis yang menguntungkan karena cukup banyak diminati, terutama oleh kaum wanita. 

Banyak sekali produk kerajinan tangan dari rajutan yang tetap menjadi favorit dari masa ke masa, salah satunya adalah tas. 

Jika kamu memiliki hobi merajut, cobalah untuk terjun ke bisnis kerajinan tangan. Kamu bisa membuat tas rajut yang bernilai tinggi, melalui rajutan benang yang artistik dan indah.

3. Sepatu Lukis

Kalau kamu suka menggambar jangan sampai bakat tersebut terpendam sia-sia. Kamu bisa membuka bisnis dari kerajinan tangan lukisan kamu sendiri di sepatu polos. 

Kamu bisa menjual jasa melukis sepatu atau menyiapkam sepatu polos dari berbagai ukuran dan contoh sketsa untuk dilukis sesuai pesanan pembeli.

Promosinya pun bisa kamu lakukan dengan menggunakan sepatu hasil lukisan sendiri atau memanfaatkan media sosial. 

4. Tote Bag 

Tote bag kini menjadi salah satu tas yang wajib dimiliki siapapun seiring gerakan Go Green yang membatasi penggunaan plastik. 

Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang mengungtungkan, jika Anda bisa membuat desain tote back yang unik dan berfungsi maksimal. 

Umumnya tote bag yang disukai adalah yang berukuran besar, sehingga desain tote bag lipat banyak disukai karena praktis dibawa kemanapun. 

Selain itu, desain tote bag yang unik akan disukai pembeli karena tidak pasaran


5. Aksesori Wanita

Perhiasan buatan tangan memang selalu menarik kaum wanita. Pasarnya sangatlah luas, sehingga bisa menjadi lahan bisnis dari kerajinan tangan yang menjanjikan keuntungan besar. 

Kamu bisa menggunakan beragam material untuk membuat perhiasan seperti bros, gelang, kalung, ataupun cincin. Bahan yang bisa dimanfaatkan antara lain liontin, batu-batu kecil, benang, kawat, kancing, senar, dan material lainnya. Kamu bisa berkreasi dengan membuat bentuk-bentuk unik sesuai dengan tema yang diinginkan.

Jika berhasil membuat produk yang unik dan berbeda dengan pesaing, kamu bisa meraup untung besar dalam waktu singkat. 

Patut diingat bahwa bisnis dari kerajinan tangan hanya akan memiliki nilai tinggi, jika unik dan tidak pasaran. Untuk itu, pikirkan produk kerajinan tangan apa yang bisa menarik pembeli dan bisa Anda tekuni sebagai peluang bisnis. 

Dengan teknologi digital saat ini, bisnis dari kerajinan tangan yang Anda buat berpeluang menjangkau pasar yang luas, sehingga bisa mendatangkan keuntungan besar. 

Demikian 5 rekomendasi bisnis dari kerajinan tangan yang menguntungkan. Selamat mencoba. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: