87 Persen Pelaku Bisnis di Indonesia Optimistis Pendapatan Meningkat di Tahun Ini

Advenia Elisabeth ยท Jumat, 07 Januari 2022 - 15:52:00 WIB
87 Persen Pelaku Bisnis di Indonesia Optimistis Pendapatan Meningkat di Tahun Ini
Berdasarkan data survei, sebanyak 87 persen pelaku bisnis di Indonesia optimistis pendapatan usaha akan meningkat pada 2022. (Foto: ilustrasi: BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Berdasarkan data survei, sebanyak 87 persen pelaku bisnis di Indonesia optimistis pendapatan usaha akan meningkat pada 2022. Persentase tersebut menempatkan Indonesia pada posisi lebih tinggi dibandingkan India 80 persen dan Vietnam 82 persen.

Hal tersebut disampaikan Wasekjen DPP Partai Perindo Bidang UMKM, Hengky Eko Sriyantono dalam webinar Partai Perindo, Jumat (7/1/2022). Dia pun turut optimistis karena melihat geliat pelaku usaha sudah banyak bertransformasi pada digitalisasi.

"Tahun 2021 geliat bisnis grafiknya sudah mulai naik. Terutama yang bergerak melalui digitalisasi. Jadi, memang sekarang para pelaku UMKM mau tidak mau harus masuk ke dunia digitalisasi," ujar Hengky.

Hengky menambahkan, perilaku konsumen saat ini sudah mulai berubah. Di mana, dahulu belum terbiasa belanja melalui online, sekarang masyarakat sudah terbiasa mencari barang belanjaan dari market place hanya dengan membuka ponsel.

Oleh karena itu, kata Hangky, ini menjadi tantangan bersama. Pasalnya, walaupun Indonesia diterpa pandemi, penjualan barang di e-commerce tidak mengalami penurunan. Melainkan semakin meningkat dalam hal transaksi penjualan. 

"Dari tahun ke tahun, bahkan saat pandemi di tahun 2020 hingga awal 2022, transaksi penjualan e-commerce mengalami kenaikan terutama pada saat Harbolnas (Hari Belanja Nasional) 2021. Sebelumnya pada 2020 transaksinya hanya Rp116,6 triliun. Tetapi pada 2021 melonjak jadi Rp18,1 triliun," kata dia.

Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa pelaku usaha yang sudah bertransformasi dengan digitalisasi, tidak terpengaruh dengan adanya pandemi Covid-19 di Indonesia. 

Menariknya lagi, diterangkan Hengky, dari Rp18,1 triliun itu, sebanyak Rp8,5 triliun transaksi di kantongi oleh produk-produk lokal. "Ternyata produk lokal saat ini sedang menjadi tren di kalangan milenial," ucapnya.

Dia menuturkan, penjualan secara live streaming menjadi tren juga di kalangan milenial saat ini. Adapun kategori produk yang banyak diminati adalah fesyen. Oleh karena itu, menurut Hengky, pada 2022, fesyen sangat cocok untuk dijadikan pilihan produk berbisnis.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda