87 Persen Pelaku Bisnis di Indonesia Optimistis Pendapatan Meningkat di Tahun Ini
"Dari tahun ke tahun, bahkan saat pandemi di tahun 2020 hingga awal 2022, transaksi penjualan e-commerce mengalami kenaikan terutama pada saat Harbolnas (Hari Belanja Nasional) 2021. Sebelumnya pada 2020 transaksinya hanya Rp116,6 triliun. Tetapi pada 2021 melonjak jadi Rp18,1 triliun," kata dia.
Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa pelaku usaha yang sudah bertransformasi dengan digitalisasi, tidak terpengaruh dengan adanya pandemi Covid-19 di Indonesia.
Menariknya lagi, diterangkan Hengky, dari Rp18,1 triliun itu, sebanyak Rp8,5 triliun transaksi di kantongi oleh produk-produk lokal. "Ternyata produk lokal saat ini sedang menjadi tren di kalangan milenial," ucapnya.
Dia menuturkan, penjualan secara live streaming menjadi tren juga di kalangan milenial saat ini. Adapun kategori produk yang banyak diminati adalah fesyen. Oleh karena itu, menurut Hengky, pada 2022, fesyen sangat cocok untuk dijadikan pilihan produk berbisnis.
Editor: Aditya Pratama