Ada 10 Daerah Potensial Pengembangan Migas di Indonesia, di Mana Saja?

Heri Purnomo ยท Selasa, 16 Agustus 2022 - 14:34:00 WIB
Ada 10 Daerah Potensial Pengembangan Migas di Indonesia, di Mana Saja?
kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, ada 10 daerah potensial pengembangan migas di Indonesia. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan, ada 10 daerah potensial pengembangan migas di Indonesia. Daerah potensial tersebut sudah memiliki wilayah kerja. 

"Jadi kita ada 10 daerah potensial pengembangan yang sudah memiliki wilayah kerja, kemudian juga ada lima yang masih open area yang akan menyusul wilayah kerjanya," kata dia dalam Merket Review IDXChannel, Selasa (16/8/2022). 

Dwi menjelaskan, 10 area yang sudah memiliki wilayah kerjanya, berada di Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Sulawesi. 

"Dua di Riau, dua di Sumatera Selatan, dua di Kalimantan Utara, satu di Kalimantan Timur dan tiga di wilayah Sulawesi," ujarnya. 

Sementara itu, lima wilayah open aera yang memiliki potensi migas, yakni di wilayah Buton, Buru, Seram, Arafuru, dan Kuari. Wilayan ini, yang akan ditawarkan kepada investor untuk mengelolanya. 

Dia menuturkan, untuk pengelolaan wilayah tersebut terbuka bagi investor luar negeri maupun investor domestik. 

"Jadi untuk pengembangan potensi tersebut bisa dilakukan pihak global maupun domestik. Kita membuka siapa saja yang ingin tertarik berinvestasi di wilayah potensial tersebut," tuturnya. 

Tercatat, hingga Juni 2022, pengeboran sumur eksplorasi telah mencapai 16 sumur dari total 42 sumur. Adapun, pengeboran sumur pengembangan mencapai 348 sumur dari total 790 sumur yang direncanakan pada tahun ini. Sumur kerja ulang mencapai 324 sumur dari rencana 581 sumur serta well service mencapai 14.801 kegiatan dari target 29.582 kegiatan.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda