Adhi Karya Beberkan Teknologi Rel LRT Jabodebek, Mampu Tahan Getaran Gempa
"Teknologi U-shaped girder memiliki kelebihan mampu menahan getaran gempa, meredam kebisingan suara, dan memiliki bentuk ramping untuk menjaga estetika lingkungan perkotaan," ujar Farid, dalam keterangan, di Jakarta, Selasaa (29/8/2023).
Selain itu, lanjutnya, LRT Jabodebek juga beroperasi tanpa masinis dengan menggunakan teknologi Grade of Automation (GoA) 3 yang dikendalikan melalui OCC atau Operation Control Center.
Direktur Utama ADHI, Entus Asnawi M, mengatakan proyek ini merupakan karya terbaik yang telah dicurahkan oleh ADHI bersama beberapa BUMN serta Kementerian Perhubungan, PUPR dan Kementerian BUMN untuk kelahiran sebuah infrastruktur kereta perkotaan yang efisien dan ramah lingkungan.
Menurut dia, dengan tuntasnya LRT Jabodebek Fase 1 ini, ADHI menunjukkan komitmen menyelesaikan penugasan pemerintah, yaitu Percepatan Pembangunan LRT Jabodebek berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2015 dan perubahannya.
"ADHI sebagai BUMN akan terus meningkatkan kompetensi untuk menjawab tantangan yang diamanahkan oleh Kementerian BUMN sebagai Perusahaan yang memiliki champion on railways," ujar Entus Asnawi.