Airlangga dan Luhut Percaya Stimulus Ekonomi Bisa Bangkitkan Pariwisata di Bali

Antara ยท Senin, 27 Juli 2020 - 06:49:00 WIB
Airlangga dan Luhut Percaya Stimulus Ekonomi Bisa Bangkitkan Pariwisata di Bali
Jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju menyatakan stimulus ekonomi yang digelontorkan pemerintah dapat membangkitkan kembali pariwisata Bali. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju menyatakan stimulus ekonomi yang digelontorkan pemerintah dapat membangkitkan kembali pariwisata Bali dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Apa saja faktornya?

“Kami mendukung penuh gerakan Bali Bangkit, bangkit sektor perekonomiannya yang disokong pariwisata sebagai landasan ekonomi Pulau Dewata,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam peluncuran virtual video Bali Bangkit dilansir Senin (27/7/2020).

Menurutnya, berbagai stimulus ekonomi untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) bidang pariwisata dan kuliner, diharapkan perlahan-lahan aktivitas ekonomi masyarakat bisa pulih dan daya beli masyarakat diharapkan membaik seiring New Normal.

“Pemerintah pusat selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah apalagi setelah dibentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” katanya.

Senada dengan Airlangga, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyatakan pemerintah menyediakan tiga program mendukung UMKM di antaranya program restrukturisasi kredit, subsidi dan penjaminan modal kerja.

Pemerintah, kata dia, mendukung pelaku UMKM dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang sejak diluncurkan sekitar tujuh minggu lalu, ada penambahan satu juga pelaku UMKM bergabung dalam ekosistem digital.

Sebelumnya, sudah ada sekitar delapan juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang menerapkan digitalisasi dari total sekitar 60 juta pelaku UMKM.

Pemerintah akan mempromosikan Bali di antaranya untuk prioritas wisata meeting, incentive, conference dan exhibition (MICE) baik domestik dan internasional.

“Seluruh masyarakat Bali tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, saya yakin dan percaya Bali akan bangkit kembali,” ujar Menko Luhut.

Editor : Dani Dahwilani