Ajak Pedagang Pasar Masuk Platform Online, Mendag: Ada yang Omzetnya Naik sampai Rp90 Juta

Advenia Elisabeth ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:32:00 WIB
Ajak Pedagang Pasar Masuk Platform Online, Mendag: Ada yang Omzetnya Naik sampai Rp90 Juta
Ajak pedagang pasar masuk platform online, Mendag Zulhas sebut ada pedagang yang omzetnya naik sampai Rp90 juta. (Foto : Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) mendorong para pedagang pasar untuk menggunakan platform online dalam memperluas akses dagangannya. Pasalnya, akan membantu menaikkan omzet pedagang.

"Kalau pasar sudah berkembang di kota-kota besar, orang kadang malas ke pasar. Nah, gimana caranya (tetap bertahan) kalau enggak dengan pakai platform digital, nanti bisa rugi," kata Zulhas saat mengunjungi Pasar Tomang, Jakarta Barat, Kamis (18/8/2022).

Dia menuturkan, jika para pedagang mampu menjual barang dagangan di dua tempat, yakni secara offline atau pasar dan di platform online maka omzet yang didapat akan jauh lebih banyak dibandingkan hanya berjualan di pasar saja. Selain itu, akan lebih mudah juga bertemu dengan pembeli. 

"Tidak bisa dimungkiri digital platform itu penting untuk mempertemukan penjual dan pembeli lebih mudah dan efisien. Jadi ayolah pedagang pasar masuk ke digital," ujarnya. 

Berdasarkan kunjungannya ke Pasar Tomang, sudah banyak pedagang pasar yang masuk ke platform digital. Bahkan para pedagang mengaku omzetnya melejit setelah gabung di toko online.

"Tadi ada Rizal (pedagang bumbu) yang mengaku omzetnya naik sampai Rp90 juta ketika masuk online lewat aplikasi Grab. Banyak untungnya dia," ujarnya. 

Karena banyaknya manfaat yang bisa didapat, Kementerian Perdagangan menargetkan 1.000 pasar dan 1 juta pedagang masuk ke platform online selama 2022. 

"Kita harapkan dengan begini nanti pedagang pasar itu bisa meningkat, makmur omzetnya tambah banyak, dan terlatih juga," ucapnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda