Angkasa Pura II Sah Jadi Operator Bandara Raden Inten II Lampung

Rully Ramli ยท Sabtu, 12 Oktober 2019 - 18:45 WIB
Angkasa Pura II Sah Jadi Operator Bandara Raden Inten II Lampung

Penandatanganan kerja sama pengelolaan Bandara Raden Inten II kepada PT Angkasa Pura II (Persero). (Foto: Humas Kemenhub)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerahkan hak pengelolaan Bandara Raden Inten II kepada PT Angkasa Pura II (Persero). Dengan demikian, AP II kini menjadi operator bandara di ujung selatan Pulau Sumatra itu. 

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hengki Angkasawan mengatakan, penyerahan hak kelola itu ditandai dengan penandatanganan kerja sama pemanfaatan barang milik negara (BMN). 

"Jangka waktu pelaksanaan perjanjian ini disepakati selama 30 tahun terhitung sejak tanggal ditandatanganinya perjanjian kerjasama ini," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/10/2019).

Selain hak kelola, kata Hengki, AP II juga diberikan wewenang mengembangkan Bandara Raden Inten II. Kedua belah pihak juga menyepakati kontribusi tetap dan pembagian keuntungan atas pengelolaan bandara tersebut. 

"Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada AP II untuk mengelola Bandara Radin Inten II. Kami siap mengelola bandara tersebut dan mengembangkan konektivitas penerbangan di Lampung,” jelas Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin. 

Saat ini Bandara Radin Inten II melayani 32 rute penerbangan. Maskapai penerbangan yang beroperasi di bandara itu yaitu Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink, Sriwijaya, Lion Air, Express Air, dan Susi Air dengan jam operasional bandara dari pukul 06.00-21.00 WIB.

Editor : Rahmat Fiansyah