AP Pettarani Bakal Menjadi Jalan Tol Layang Pertama di Sulsel

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 14:05 WIB
AP Pettarani Bakal Menjadi Jalan Tol Layang Pertama di Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Jalan Tol Layang AP Pettarani, Makassar ditargetkan bisa dioperasikan pada September 2020. Proyek tersebut akan menjadi jalan tol layang pertama di Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Ini menjadi jalan tol layang pertama di Sulawesi Selatan dan akan menjadi ikon baru Kota Makassar," ujar Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat konferensi video, Minggu (17/5/2020).

Dia menilai, kehadiran jalan tol tersebut juga akan mengurai kemacetan di sekitar Jalan AP Pettarani. Jalan tersebut cukup strategis karena terhubung langsung dengan Jalan Tol Ujung Pandang dan menjadi akses ke Pelabuhan Soekarno Hatta dan Bandara Sultan Hasanuddin.

Mantan bupati Bantaeng itu mengatakan, tol layang A.P Pettarani akan meningkatkan konektivitas antara Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa dan sekitarnya. Dia berharap, tol tersebut dapat mendorong produktivitas rakyat yang pada akhirnya mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Saat ini, pembangunan tol layang AP Pettarani sepanjang 4,3 kilometer sudah memasuki penyelesaian span terakhir untuk pekerjaan erection box girder atau pemasangan blok jembatan. “Hal ini berarti tidak lama lagi jalan tol layang ini kita akan nikmati bersama,” ujarnya.

Jalan tol layang ini dibangun di atas jalan nasional AP Pettarani sehingga tak perlu membebaskan lahan. Tol ini memiliki 74 span pada Main Line, 9 span pada Ramp On dan 7 span pada Ramp Off dengan box girder mencapai 3.044 unit.

Proyek yang didanai oleh Pemerintah Kota Makassar dan PT Bosowa Marga Nusantara itu melibatkan sekitar 1.000 pekerja. Nilai investasi proyek mencapai Rp1,6 triliun.

Editor : Rahmat Fiansyah