Apple Garap Mobil Listrik, Tim Cook Gaungkan Persaingan dengan Elon Musk

Jeanny Aipassa · Minggu, 10 Juli 2022 - 15:18:00 WIB
 Apple Garap Mobil Listrik, Tim Cook Gaungkan Persaingan dengan Elon Musk
CEO Apple, Tim Cook. (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Apple Inc dikabarkan sedang menggarap proyek mobil listrik. Hal itu, sekaligus menjadi pertanda CEO Apple, Tim Cook, menggaungkan kembali persaingan dengan CEO Tesla, Elon Musk.

Tim Cook dan Elon Musk CEO yang paling dikenal di bidang teknologi, bersama dengan Mark Zuckerberg   CEO Meta Platform, raksasa media sosial Meta Platform, raksasa media sosial.  

Jika Cook sering tampil bijaksana, Musk memupuk karakternya sebagai CEO yang ada di mana-mana dan berpengaruh.  Kedua pria itu menjalankan dua perusahaan yang telah menjadi brand dunia.

Apple dan produk andalannya, iPhone, adalah tolok ukur dalam hal smartphone.  Sedangkan Tesla adalah pusat industri kendaraan listrik tercanggih saat ini. 

Kedua perusahaan juga bersaing dalam inovasi, yang membuat mereka menjadi rival. Elon Musk tidak pernah menyembunyikan bahwa dia ingin menduduki tahta inovasi perusahaan teknologi AS dan melampaui Steve Jobs, pendiri Apple.

Miliarder dan eksekutif Tesla tidak pernah berhenti mengkritik Apple.  Pada Februari 2022, Franz von Holzhausen, kepala desainer Tesla, mengatakan bahwa Apple tidak menemukan apa pun untuk waktu yang sangat lama.

"Ya Tuhan, saya pernah mendengar tentang produk Apple. Sekarang seperti tidak ada yang dinanti-nantikan. Benar!"  Franz von Holzhausen mengatakan kepada radio Spike's Car. Saya merasa itu hanya kelanjutan. Ini hanya semacam penyempurnaan sedikit pada hal yang sama. Secara inspirasional, sulit untuk mendapatkan, Anda tahu, sangat termotivasi oleh apa yang mereka lakukan," ungkap Franz von Holzhausen.

Pada Mei 2022, Elon Musk tidak segan-segan menyerang Apple dengan mengambil sikap atas biaya kontroversial yang diberlakukan pembuat iPad dan jam tangan Apple untuk penjualan dalam aplikasi serta pembelian dalam aplikasi.  

Ini adalah komisi 30 persen dari pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan yang menggunakan Apple Store untuk mendistribusikan aplikasi mereka kepada konsumen di iPhone dan tablet.

 "Apple Store seperti memiliki pajak 30 persen di Internet. Jelas tidak ok," ujar Elon Musk lewat cuitan di Twitter pada 3 Mei 2022.

Dua bulan kemudian, respon dari Apple atas cuitan itu, disampaikan oleh Tim Cook sendiri.  Tak hanya itu, bos Apple tersebut juga membuat penampilan publik dengan mengendarai kendaraan listrik yang diproduksi oleh Rivian Automotive, salah satu perusahaan baru yang bertekad untuk menantang hegemoni Tesla di pasar kendaraan listrik.

Tim Cook meminjam kendaraan tersebut, sebuah truk pikap R1T berwarna hijau metalik ketika ia menghadiri Konferensi Allen & Co Sun Valley yang terkenal di Idaho, yang mempertemukan para bos besar.  

Laporan Bloomberg menyebutkan Apple sedang berdiskusi untuk pengambilalihan pembuat EV, Canoo Inc. Report oleh perusahaan, yang saat ini sedang mengerjakan proyek kendaraannya sendiri.  Menurut Bloomberg, Apple dan Canoo telah berdiskusi di masa lalu.  Ulrich Kranz, mantan CEO Canoo, adalah salah satu eksekutif puncak di Proyek Mobil Apple.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda