Atasi Krisis Ekonomi, Korea Utara Cetak Kupon Pengganti Uang

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 31 Oktober 2021 - 07:02:00 WIB
Atasi Krisis Ekonomi, Korea Utara Cetak Kupon Pengganti Uang
Atasi krisis ekonomi, Korea Utara cetak kupon pengganti uang. Foto: Reuters

PYONGYANG, iNews.id - Korea Utara berupaya menangani krisis ekonomi dan pangan dengan melakukan berbagai inovasi. Cara yang dilakukan, di antaranya mencetak kupon pengganti uang dan mengembangbiakkan angsa hitam untuk dimakan. 

Adapun krisis yang terjadi di negara itu akibat penutupan perbatasan yang berkepanjangan. Pengamat internasional mengatakan, situasi ekonomi dan pangan di Korea Utara dalam level berbahaya. 

Dikutip dari Reuters, badan intelijen Korea Selatan menyatakan pada sidang parlemen, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah mengeluarkan perintah untuk mengamankan setiap butir beras dan fokus pada pertanian.

Badan intelijen menilai, panen di Korea Utara mungkin lebih baik dibanding tahun lalu karena cuaca lebih cerah. Negara itu juga dilaporkan akan mengambil langkah-langkah untuk membuka kembali perbatasan dengan China dan Rusia dalam beberapa bulan mendatang.  

Korea Utara telah menderita kerawanan pangan. Menurut pengamat, hal tersebut terjadi karena kesalahan dan buruknya pengelolaan ekonomi, diperparah sanksi internasional atas senjata nuklir, bencana alam, dan pandemi Covid-19. Hal tersebut mendorong penutupan perbatasan yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Kim Jong Un telah mengakui krisis pangan dan meminta maaf atas pengorbanan yang harus dilakukan warganya untuk mencegah wabah Covid-19. Tetapi dia juga mengatakan, ekonomi membaik tahun ini. Bahkan, Korea Utara membantah laporan dari penyelidik PBB bulan ini yang menyatakan, ribuan orang di Korea Utara rentan berisiko kelaparan.

Sementara itu, Korea Utara belum secara resmi melaporkan satu pun kasus Covid-19. Badan-badan PBB menyatakan, Korea Utara baru-baru ini mulai mengizinkan pengiriman bantuan, namun angka yang dirilis oleh China menunjukkan peningkatan perdagangan yang lambat.

Menurut berbagai media yang mengutip sumber anonim di Korea Utara, bank sentral Korea Utara telah mencetak kupon uang senilai 1 dolar AS karena kekurangan uang kertas Won Korea Utara.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: